Jumat, 23 Februari 2018 | 05:41:06 WIB

Ringankan Beban Warga Miskin, Lanal Cirebon Gelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

Jum'at, 2 September 2016 | 11:28 WIB
Ringankan Beban Warga Miskin, Lanal Cirebon Gelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

Lanal Cirebon menggelar Bhakti Sosial operasi katarak gratis. (FOTO: LANAL-CIREBON/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon yang merupakan salah satu Lanal dibawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) bekerjasama dengan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Jawa Barat.

Acara Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis Tahun 2016 bagi warga di Desa Pesisir yang kurang mampu, khususnya di wilayah kerja Lanal Cirebon, yang dilaksanakan di Rumah Sakit (RS) Pelabuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Kamis (1/9).

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian Bhakti Sosial (Bhaksos) dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Ke-71 Tahun 2016.

Komandan Lanal (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi mengatakan, kegiatan Bhasos Operasi Katarak Gratis yang dilaksanakan ini, merupakan program kerja Lanal Cirebon Tahun 2016 bidang pembinaan potensi maritim dan bekerjasama dengan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, khususnya di wilayah Cirebon.

"Kerjasama ini merupakan bagian dari Nota Kesepahaman atau MoU Sido Muncul dengan TNI AL untuk 2.000 mata. Sebagai wujud kepeduliannya Lanal Cirebon menggelar Bhaksos secara nyata, guna mendukung program pemerintah dalam rangka membantu mengurangi jumlah penderita buta katarak di Indonesia," terang Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi.

Hal ini lanjutnya, sesuai dengan pencanangan yang dilakukan pada 15 Januari 2015 oleh Pemerintah untuk pembangunan yang berkualitas dibidang kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, sehingga dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Menurutnya, Lanal Cirebon yang juga merupakan Lanal jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, memfasilitasi mendekatkan pasien dengan tempat berobat, yang selama ini pasien terkendala dengan jarak, sarana dan biaya.

Kali ini kata Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi, Lanal Cirebon memfasilitasi pasien dengan menjemput ke rumah-rumah dan mengantar ketempat berobat serta mengantar kembali pasien pasca operasi.

"Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat yang merupakan pilar kekuatan bangsa yang besar dan kita senantiasa harus membina solidaritas kebersamaan untuk menciptakan kondisi persatuan dan kesatuan nasional yang harus terus tetap dipertahankan dan ditingkatkan," jelasnya.

Danlanal Cirebon mengharapkan, kegiatan ini bisa terus terlaksana secara berkelanjutan, karena semakin banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga dan organisasi masyarakat yang bertujuan membantu mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Cirebon yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Dana Kartiman, Kadiskes Kota Cirebon diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Cirebon dr. Hj. Laelan, Perwira Staf Lanal Cirebon dan tim pendukung dari Prajurit Lanal Cirebon.

Dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk diwakili oleh Media Relations Manager Sri Wahyuni, Deputi General Manager Medic Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dr. Nurjaty dan undangan lainnya.

Sedangkan untuk jumlah pasien yang sudah terdaftar dalam kegiatan Bhasos ini berjumlah 154 orang, namun setelah diadakan screening oleh Puskesmas di wilayah tempat tinggal pasien didapat hanya 80 orang dan selanjutnya diadakan screening akhir atau yang layak untuk dilakukan operasi di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon didapat hanya 54 orang.

Disela-sela acara kegiatan Bhaksos Operasi Katarak ini, telah dilakukan pemberian produk secara simbolis dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kepada lima orang perwakilan pasien dan diakhiri dengan meninjau secara langsung operasi katarak.

Berita Terkait