Rabu, 25 April 2018 | 15:50:16 WIB

Kodam XII Tanjungpura Siap Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Jum'at, 16 September 2016 | 17:19 WIB
Kodam XII Tanjungpura Siap Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

(FOTO: PENDAM TANJUNGPURA/LINDO)

KUBURAYA, LINDO - Komando Daerah Militer XII Tanjungpura pada Jumat (16/8) pagi menggelar Rapat Koordinasi Tanam Serempak Lahan Cetak  Sawah tahun 2016 diwilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah di Aula Makodam XII Tanjungpura, Jalan Arteri Ali Anyang, Nomor 1, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura Brigjen TNI Ahmad Supriyadi mengatakan, pangan merupakan komoditi sangat penting dan strategis bagi sebuah bangsa termasuk Indonesia yang mulai dengan program Ketahanan Pangannya.

“Kodam XII Tanjungpura mempelopori dan mengajak komponen bangsa lainnya terutama pemerintah daerah berupaya untuk menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional. Selain itu, Kodam XII Tanjungpura berupaya untuk mendorong dan mempelopori serta mendampingi menyelenggarakan program ketahanan pangan sebagai langkah awal program Ketahanan Pangan Daerah,” kata Kasdam.

Kasdam juga menjelaskan bahwa rapat koordinasi dilakukan untuk melaksanakan langkah penuntasan terhadap pengerjaan fisik Cetak Sawah, kegiatan pengolahan lahan dan kesiapan Saprodi serta Sarpras lainnya dalam mendukung Kegiatan Tanam Serempak.

“Pada kesempatan ini selaku Kasdam XII Tanjungpura yang mewakili Pangdam XII Tanjungpura, saya sampaikan bahwa kami siap mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional dengan melaksanakan Rakor tentang Tanam Serempak untuk wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng,” tegasnya.

Sementara itu menurut Brigjen TNI Nanang Heriyanto selaku ketua Tim Percepatan Cetak Sawah TNI-AD menjelaskan bahwa akhir September 2016 akan dilakukan pengawasan dan pemeriksaan oleh Inspektorat TNI AD dan Kementerian Pertanian, yang harus dikerjakan Kodim-Kodim atau Kabupaten sudah menyelesaikan percepatan cetak sawah minimal sampai tahap pengolahan.

Sedangkan Inspektur Kementan RI Ir Yayat Supriyatna memaparkan bahwa lahan sawah baru yang telah dikonstruksi harus segera dimanfaatkan dan bantuan saprotan untuk penguatan kelembagaan dan pemberdayaan petani serta pemanfaatan meliputi pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan tanaman dan panen.

Alokasi  kegiatan perluasan sawah  Kodam XII/Tanjungpura 2016 seluas 33.455 Ha atau 25 persen dari target nasional seluas 132. 129 Ha dan akan dilakukan gerakan tanam serempak pada lahan sawah baru 19 sampai 24 September 2016

Hadir dalam acara itu, Danrem 121/Abw dan Danrem 102/Pjg, Irdam, Staf Ahli, para Asisten, Kabalakdam, dan para Dandim jajaran Kodam XII Tanjungpura, Kadistan TPH, Kadistanak dan Kabid PSP Distan Provinsi Kalbar dan Kalteng, para Kasiter Korem dan Pasiter Kodim jajaran Kodam XII Tanjungpura. (PENDAM TANJUNGPURA)

Berita Terkait