Senin, 20 November 2017 | 11:03:39 WIB

Danlantamal XII Pontianak Resmikan Gedung Posmat Pemangkat

Sabtu, 17 September 2016 | 15:58 WIB
Danlantamal XII Pontianak Resmikan Gedung Posmat Pemangkat

Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M. Hari meresmikan gedung Posmat Pemangkat. (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M. Hari didampingi Ketua Korcab XII DJAB Ibu Jani Susiati M. Hari, meresmikan gedung Pos Pengamat (Posmat) Pemangkat, di desa Banjar Kuala, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (15/9).

“Keberadaan Posmat Pemangkat adalah sebagai salah satu unit kerja kepanjangan mata dam telinga Lantamaal XII Pontianak dalam mengemban tugas dan fungsi pengamatan serta penginderaan aspek maritim, pengawasan, deteksi dan monitoring kegiatan di wilayah kerjanya dalam rangka pengumpulan data intelijen maritim serta kegiatan keamanan laut terbatas,” terang Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M. Hari.

Guna mendukung kelancaran tugas dan fungsi tersebut lanjutnya, telah dilaksanakan upaya perbaikan bangunan Posmat Pemangkat secara bertahap dengan kondisi gedung Posmat yang lebih representatif.

Hal ini kata Brigjen TNI (Mar) M. Hari, merupakan suatu hal yang membanggakan dengan penyelesaian terlaksana dengan tepat waktu sesuai rencana, berkat partisipasi segenap pemerintah setempat, rekan kerja maritim dan Bapak Soesanto yang telah menghibahkan tanahnya kepada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL)..

Menurutnya, dalam kondisi sarana prasarana yang lebih baik, akan membawa implikasi yang signifikan dalam peningkatan kinerja pengawak Posmat menjadi lebih optimal.  Pengawak Posmat agar terus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan jalinan kerjasama dengan instansi TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat setempat, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan.

Sementara itu perwakilan dari pengusaha perikanan Pemangkat Atong mengatakan, partisipasi pengusaha perikanan dalam pembangunan gedung Posmat Pemangkat sebagai wujud bela dan cinta negara dengan ikut berpartisipasi menghibahkan gedung yang akan dijadikan sebagai Pos Pengamat TNI AL guna menjaga kedaulatan perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pembelaan negara merupakan suatu kewajiban kita sebagai warga negara.  Oleh sebab itu, semakin kita cinta terhadap kehidupan negeri ini, maka berarti rasa nasionalisme pun ikut bertambah,” tutur Atong.

Dalam acara peresmian gedung Posmat Pemangkat, Danlantamal XII menandatangani prasasti renovasi Posmat, dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada panitia renovasi pembangunan Posmat, penyerahan plakat Lantamal XII, Danlantamal Menerima cenderamata dari Direktur Pt. Usaha Jaya Putra Sundjoyo Bapak Atong, dilanjutkan penguntingan pita oleh Ketua Korcab XII DJAB serta meninjau ruangan Posmat Pemangkat.

Turut hadir acara peresmian gedung Posmat Pemangkat tersebut, Laksamana Pertama TNI Teguh Widodo, Asisten Operasi Danlantamal XII dan Asisten Intelijen Danlantamal XII, Danpomal Lantamal XII, Danyonmarhanlan XII dan Dansatkamla Lantamal XII Pengurus Korcab XII DJAB, Wakil Bupati Sambas Hairiah, Danlanud Singkawang II, Kapolres Sambas, Kajari Sambas serta Instansi unsur Maritim Sambas.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga