Selasa, 17 Juli 2018 | 09:01:26 WIB

Keseimbangan Alam, Rindam Jaya Dan Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan Laksanakan Penyebaran Bibit Ikan

Sabtu, 17 September 2016 | 21:34 WIB
Keseimbangan Alam, Rindam Jaya Dan Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan Laksanakan Penyebaran Bibit Ikan

Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan foto bersama bersama dengam Rindam Jaya, sebelum melaksanakan penyebaran 39 ribu bibit ikan. (FOTO : ARMAN /LINDO)

JAKARTA, LINDO - Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan (Bandung) bersama Rindam Jaya, melaksanakan penyebaran 39 ribu bibit ikan, sekaligus pelepasan burung Tekukur sebanyak 20 ekor, di Kali Ciliwung yang bearada di belakang Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur, Sabtu (17/9).

Kegiatan peenyebaran bibit ikan ini dipimpin langsung Komandan Rindam Jaya (Danrindam Jaya) Kolonel Inf. Anton Yuliantoro didampingi jajaran Rindam Jaya dan juga Ketua Bidang Kemasyarakatan Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan Denny Syahmardan beserta jajaran Alumni tersebut.

Ketua Bidang Kemasyarakatan Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan Denny Syahmardan mengatakan, penyebaran bibit ikan di Rindam Jaya untuk ketiga kalinya.  Pertama kalinya penyebaran bibit tersebut pada bulan April tahun ini sebanyak 10 ribu bibit ikan, yang kedua dilakukan penyebaran bibit ikan sebanyak 50 ribu dan yang ketiga kalinya sebanyak 39 ribu bibit ikan.

“Penyebaran bibit ikan ini sebagai rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) dan juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kali Ciliwung, dengan memamfaatkan ikan yang ada di Kali Ciliwung dalam waktu tertentu,” terang Denny Syahmardan.     

Program penyebaran bibit ikan ini lanjutnya, terbukti efektif dalam ikut andil membersihkan kali, seperti yang sudah pernah dilakukan Alumni Teknik Sipil Universitas Parahyangan di Sungai Cikapundung Kota Bandung (Jawa Barat), yang memberikan mamfaat kepada masyarakat sekitar sungai tersebut, dan berdampak masyarakat ikut serta membersihkan sungai tersebut dari sampah.     

Sementara itu Danrindam Jaya Kolonel Inf. Anton Yuliantoro mengatakan, Rindam Jaya senang dengan program yang dilakukan Alumni yang peduli dengan lingkungan ini, karema memberikan mamfaat bagi alam dan  masyarakat sekitar Kali Ciliwung.  

“Banyak orang sudah lupa dengan keseimbangan alam.  Untuk keseimbangam alam ini, Rindam Jaya dengan Alumni Universitas Parahyangan, salah satunya melaksanakan penyebaran bibit ikan dan pelepasan burung Tekukur, dengan harapan bisa berdampak positif pada lingkungan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar Rindam Jaya,” jelas Kolonel Inf. Anton Yuliantoro.

Selain itu tambahnya, Rindam Jaya telah mengeluarkan aturan tegas yaitu berburu burung atau hewan di Rindam Jaya atau sekitarnya sebagai pelanggaran berat.

Hal ini sebagai bukti Rindam Jaya melindungi satwa-satwa yang berada di Rindam, agar satwa bisa bergembira tanpa ada tekanan dari manusia yang tidak bertanggung jawab.

Berita Terkait