Rabu, 20 September 2017 | 01:49:06 WIB

Kerja Keras Pembenahan Markas, Jadikan Koramil 06/Setia Budi Sebagai Koramil Model

Senin, 19 September 2016 | 21:02 WIB
Kerja Keras Pembenahan  Markas, Jadikan Koramil 06/Setia Budi Sebagai Koramil Model

Markas Koramil 06/Setia Budi. (FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Jika anda berkunjung ke Markas Koramil 06/Setia Budi (SB), Kodim 0504/Jakarta Selatan (JS), anda akan melihat pemandangan markas koramil yang bersih, tidak ada sampah sedikitpun di halaman depan markas Koramil 06/SB, yang menandakan prajurit Koramil tersebut selalu memperhatikan kebersihan lingkungan Koramil tersebut.

Warna bangunan Koramil yang warna-warni dengan dominan warna hijau, menambah keindahan dari bangunan tersebut.  Hal ini tidak lepas peran dari Komandan Koramil (Danramil) 06/Setia Budi (SB) Mayor Inf. Budi Winoto, yang dibantu oleh prajurit Koramil beserta mitra Koramil yang tidak kenal lelah bekerja keras dalam mewujudkan markas Koramil yang bersih, indah dan sehat.

Hal demikian berbeda 180 derajat dengan kondisi Koramil 06/SB tiga bulan yang lalu, dengan kondisinya kotor, jorok dan terkesan kumuh.  Hal inilah dirasakan Mayor Inf. Budi Winoto ketika ia dilantik/ditunjuk sebagai Danramil 06/SB yang telah ia lalui selama tiga bulan 19 hari.

Dengan kondisi markas Koramil yang demikian, secepatnya ia melakukan konsolidasi intern Koramil dan memotivasi prajurit Koramil agar tidak apatis atau cuek dengan kondisi Koramil yang jauh dari kata sehat, rapi dan sehat.

“Dalam membenahi markas Koramil, saya juga memberikan contoh kepada prajurit.  Jangan kita memerintahkan prajurit, kalau kita sendiri tidak melakukannya pekerjaan yang dilakukan prajurit dalam membenahi markas,” kata Mayor Inf. Budi Winoto kepada Lindo di markas Koramil 06/SB, Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (19/9).  

Pembenahan markas Koramil lanjutnya, mulai dari perbaikan di dalam markas, seperti perbaikan ruangan aula  dan ruang tamu.  Begitu juga dengan  pohon Kelapa yang sudah tua di halaman  belakang dan samping  Koramil, ditebang oleh prajurit Koramil, karena selain pohon tersebut tidak produktif dan rawan roboh, juga pohon tersebut menjadi jalan tikus menuju atap koramil.

“Markas Koramil kami juga dicat warna-warni, agar indah dipandang.  Yang tak kalah, pentingnya, halaman  depan dan belakang Koramil dipasangi paving block yang berfungsi mengganti aspal yang sudah rusak di halaman depan markas dan menutupi halaman belakang markas yang ditutupi tanah,” terang Danramil 06/SB.

Pemasangan paving block ini tambahnya, tidak merusak lingkungan.  Justru celah antara paving block bisa menyerap air hujan, sehingga ramah bagi lingkungan.

Menurutnya, jika markas Koramil  bersih, indah dan sehat, maka pihaknya bisa memberi contoh kepada masyarakat sekitar Koramil.

“Kami ini tentara sebagai penggerak masyarakat.  Bagaimana mau membina masyarakat untuk hidup sehat, jika markas koramil saja kotor, jorok, dan kocar-kacir.  Untuk itulah, sebelum kami membina masyarakat, maka prajurit dan markas Koramil lah yang terlebih dahulu dibenahi,” ujar Mayor Inf. Budi Winoto.

Ia menambahkan, buah kerja keras dari pembenahan Koramil ini, menjadikan Koramil 06/SB sebagai satu-satunya Koramil Model atau percontohan di wilayah Kodim 0504/JS.  

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga