Jumat, 24 November 2017 | 14:13:20 WIB

Koramil 02/Matraman Gelar KB Kesehatan Bersama Kasubbid KBKS

Rabu, 21 September 2016 | 18:06 WIB
Koramil 02/Matraman Gelar KB Kesehatan Bersama Kasubbid KBKS

Koramil 02/Matraman mengelar KB Kesehatan Bersama Kasubbid KBKS. (FOTO : KODIM0505/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Koramil 02/Matraman, Kodim 0505/Jakarta Timur (JT) bersama ibu-ibu Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) dan Posyandu Seruni Rukun Warga (Rw) 14, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, mengadakan kegiatan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan, bekerja sama dengan Kasubbid KBKS Walikota Jakarta Timur, di Sekertariat Rw 14, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatam Matraman, Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (20/9).  Kegiatan tersebut sekaligus pencanangan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan tingkat Kecamatan tahun 2016.
   
Ida Mokodovid, Perwakilan dari PLKB Kelurahan Pisangan Baru mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada warga dan meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam program kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan sebagai upaya mendukung Millenium Development Goals (MDGs).

“Saya berharap di penghujung gerakan PKK-KB-Kesehatan, dapat menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan PKK, KB dan kesehatan, mengingat berbagai perubahan terjadi, sehingga di Matraman tidak ketinggalan dengan wilayah Kecamatan lainnya,” harap Ida Mokodovid.

Kegiatan tersebut tambahnya, diharapkan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada  kelurahan dan warga masyarakat setingkat Rw untuk mengembangkan kegiatan berdasarkan prioritas di masing-masing RW sesuai situasi dan kondisi setempat.

“Kita berharap, target dan strategi yang difokuskan dapat memenuhi harapan, keberhasilan kelompok dasa wisma akan meningkatkan PKK Rw dan kelurahan, kemudian mengharumkan PKK kecamatan Matraman dan membanggakan PKK Kota Jaktim," ujarnya.

Ida menjelaskan, dalam kegiatan tersebut masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan melalui kelompok dasa wisma, posyandu, pembantu pembina KB Kelurahan, sub pembantu pembina KB RW, Puskesmas dan lainnya.

Sebelumnya, Kasubbid KBKS Kota Jaktim Novi  melaporkan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengendalian keluarga berencana, pembinaan ketahanan keluarga, pembinaan institusi masyarakat, pembinaan terhadap dasawisma, pembinaan bidang kesehatan, serta penilaian kelurahan dan RW terbaik.

Pada Kegitan PKK KB Kesehatan ini dilaksanakan posyandu dengan penimbangan balita dan pemberian vaksin yang diikuti oleh 120 anak balita serta pelayanan kesehatan kepada 40 orang lansia.

Sementara KB Kesehatan sendiri melaksanakan KB dengan berupa pemasangan IUD kepada 10 orang, Implan dua orang, steril perempuan dua orang, suntik tujuh orang, Pil KB empat orang, dan kondom sebanyak tiga orang dengan total 28 orang yang pemasangannya dilakukan oleh bidan Puskesmas Kecamatan Matraman bidan Tri Isnani dan bidan Dwi di Mobil Unit Pelayanan KB Propinsi DKI Jakarta.

Hadir pada acara itu yaitu Karimuddin selaku PLKB Kota Jakarta, Naryo KLKB Kecatan Matraman, Dadang Sudarto selaku Ketua Rw 14 Kelurahan Pisangan, Komandan Koramil (Danramil) 02/Matraman Mayor Arh Slamet dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pisangan Baru Serda Sudiono,  serta para tokoh masyarakat.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga