Senin, 20 November 2017 | 16:34:04 WIB

Satgas SBJ LXV 2016 Selesai Laksanakan Bhakti Sosial Di Simpang Tiga

Minggu, 9 Oktober 2016 | 08:21 WIB
Satgas SBJ LXV 2016 Selesai Laksanakan Bhakti Sosial Di Simpang  Tiga

Suasana Satgas SBJ LXV 2016 melaksanakan Bhakti Sosial Di Simpang Tiga. (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Satuan tugas operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dengan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Makassar-590, selesai melaksanakan Bhakti Sosial (Bhaksos) di Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (8/10).  
Satgas SBJ telah melaksanakan beberapa Kegiatan Bhaksos berupa pelayanan kesehatan dan renovasi sarana dan prasarana publik di berbagai tempat, yakni di pulau Karimata, Pulau Pelapis, dan Dusun Besar, Tanjung Satai.

Operasi SBJ tahun 2016 ini, dipimpin Kolonel Laut (P) Robertus Tjahyo Waskito yang sehari hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Barat (Dan satbanarmabar).

Kegiatan Satgas SBJ di Simpang Tiga memberikan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat. Adapun pelayanan kesehatan ini meliputi kesehatan Umum, kesehatan mata, kesehatan gigi, penyakit dalam, kesehatan ibu dan Anak serta bedah mayor dan minor.

Pelayanan kesehatan tersebut melibatkan tim medis sebanyak 115 personel, yang terdiri dari dokter-dokter umum, spesialis dan para medis yang berasal dari Satuan-satuan TNI AL seperti Mabesal, Kormar, Koarmabar, Lantamal III, RS Mintoharjo, serta bantuan dari medis (dokter-dokter) dari Undip dan UI.

Pelayanan kesehatan di Simpang Tiga dilaksanakan selama dua hari (6 dan 7 Oktober 2016), yang semuanya di laksanakan di darat, mengingat cuaca di perairan Sukadana ombak cukup Besar disertai angin kencang.

Pada saat itu Pasien yang akan melaksanakan operasi di KRI tidak bisa diangkut menuju Kapal karena cuaca buruk. Pelaksanakan pelayanan kesehatan di pusatkan di Sekolah Dasar Simpang Tiga.

Jumlah Masyarakat Simpang Tiga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak 1161 orang.   Pada hari Pertama sebanyak 705 orang, sedangkan hari ke dua 456 orang.  Adapun pelayanan kesehatan meliputi kesehatan  umum sebanyak 249 orang, gigi 103, mata 339,  kesehatan Anak 96, kebidanan 47, bedah 34, THT 26, penyakit dalam 135, penyakit kulit 61, dan khitan sebanyak 71 orang.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, Satgas SBJ juga memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak seperti SD Simpang Tiga, Poskesdes Tanjung Gunung, Pustu Sei Belit dan pembersihan lingkungan sekitar Kantor Desa Simpang Tiga.

Sedangkan kegiatan non fisik yang dilaksanakan Satgas SBJ, antara lain, memberikan penyuluhan tentang kesehatan, narkoba, hukum, bela negara, masalah  keangkatanlautan dan kemaritiman di Sekolah SMA 2 Sukadana serta pemberian bahan kontak berupa beras, biskuit, pigura,  peralatan olahraga, Alquran dan buku-buku serta majalah cakrawala.

Pada kesempatan ini pula, untuk lebih mengakrabkan antara personel Satgas dan masyarakat, dilaksanakan kegiatan hiburan seperti olahraga bersama dan pemutaran film-film dokumenter tentang kelautan dan keangkatanlautan.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga