Rabu, 25 April 2018 | 15:32:30 WIB

KPU Halteng Gugurkan Ijazah Tipex Milik Muttiara

Senin, 24 Oktober 2016 | 18:22 WIB
KPU Halteng Gugurkan Ijazah Tipex Milik Muttiara

Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, Muttiara T Yasin dan Kabir Hi Kahar melakukan aksi protes pada KPU Halteng soal ijazah tipex. KPU menggugurkan ijazah Muttiara karena tidak ada ijazah aslinya. (FOTO: LAMAGI/LINDO)

WEDA, LINDO - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halamahera Tengah (Halteng) Hairudin Amir mengatakan gugurnya berkas pasangan calon bupati Muttiara pada tahapan ferivikasi berkas, karena merujuk ke rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Halteng yang meminta KPUD agar memeriksa dan meneliti kembali berkas Muttiara dan menujukkan yang aslinya.

"Jadi hasil ferivikasinya KPU berkesimpulan dan menggugurkan ijazah tipex milik Hj Muttiara karena dianggap tidak sah dalam pleno penetapan ferivikasi," kata Hairudin Amir usai pleno ferivikasi berkas calon yang digelar di aula KPUD Halteng, Senin, (24/10).

Gugurnya ijazah tipexnya Muttiara sesuai dengan SK Nomor: 23/Kpts/KPU-Kab.029.434418/X/2016 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halteng Tahun 2017 yang memutuskan dan menetapkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Halteng tahun 2017.

Pertama, pasangan calon bupati-wakil buati, Hj Ratna Hi Muslim dan Yusuf Idris tidak memenuhi syarat, pasangan Muttiara T Yasin (calon bupati) dan Kabir Hi Kahar (Calon wakil bupati) juga tidak memenuhi syarat. Sedangkan Edi Langkara dan Abd Rahim Odeyani memenuhi syarat sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Halteng.

Kedua KPU Halteng menetapkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sebagaimana Diktum kesatu yang memenuhi syarat sebagai peserta dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Halteng tahun 2017.

Ketiga, keputusan ini mulai berlaku pada tanggal di tetapkan di Weda 24 oktober 2016.

Surat keputusan juga ditembusan ke KPU Provinsi Maluku Utara, Panwas Halteng, dan masing-masing pasangan calon bupati dan calon wakil bupati. (LAMAGI LA ODE)

Berita Terkait