Kamis, 18 Januari 2018 | 04:31:40 WIB

Pemilik Cake dan Bakery Yes Store di Penggilingan Tidak Kantongi Izin Usaha

Selasa, 1 November 2016 | 21:38 WIB
Pemilik Cake dan Bakery Yes Store di Penggilingan Tidak Kantongi Izin Usaha

Inilah Cake dan Bakery Yes Store yang ada di Jalan Penggilingan Raya, Cakung, Jakarta Timur yang tidak memiliki izin usaha. (FOTO: BAMBANG S/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebuah pemilik Cake dan Bakery Yes Store atau roti bakery yang ada di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, terindikasi tidak memiliki izin usaha dagang.

"Iya memang Cake dan Bakery Yes Store yang ada di Jalan Penggilingan Raya tidak memiliki izin usaha. Mereka akan kami tindak tegas karena tidak mengantongi izin usaha," kata salah satu staf di Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jakarta Timur yang namanya tidak mau disebutkan.

Dia juga menegaskan dalam waktu singkat pihaknya akan melakukan penindakan terkait izin usaha yang tidak kantongi oleh mereka. Tetapi dia juga mempersilahkan para pengelola Cake dan Bakery Yes Store segera menguurs izin usahanya di Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jakarta Timur.

"Sebelum kami turun ke lapangan tentunya mereka harus secepatnya membuat izin, agar mereka tidak melakukan pelanggaran prosedur izin usaha. Yang jelas kami akan menindak secara tegas para pengusaha yang mendirikan usahanya yang tidak mengantongi izin," jelasnya.

Sementara itu, Pengelola Cake dan Bakery Yes Store saat ditemui tidak mampu menunjukan bukti-bukti izin usahanya pada LINDO. Mereka beralasan soal izin usaha bukan kewenangan pers, tetapi bukti izin usaha bisa ditunjukan pada pihak yang berwenang yaitu Disperindag Jaktim.

"Kalian tidak punya hak menanyakan izin usaha pada kami, itu bukan wewenang kalian. Kalian harus cari informasi berita, bukan menanyakan izin usaha pada kami," ujar salah satu Pengelola Cake dan Bakery Yes Store yang ditemui LINDO di Penggilingan, Cakung, Jaktim, Selasa (1/11).

Dia juga membantah bahwa usahanya itu ilegal. Apalagi kualitas Cake dan Bakery yang dikelolanya tidak memiliki label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Warga yang berada disekitar Cake dan Bakery Yes Store juga ragu isi kualitas Cake dan Bakery karena mereka tidak mencantumkan kata halal dalam setiap bungkusan makanan roti itu.

Menurut salah seorang warga yang berinisial JS (45), tiap hari banyak warga yang berbelanja di Cake dan Bakery Yes Store, namun JS tidak tahu masalah mereka tidak memiliki izin.

JS sangat menyayangkan jika informasi itu benar. Saran dia sebaiknya pemilik Cake dan Bakery Yes Store yang sebesar ini harus mau mengurus izin agar warga bebas mengkonsumsi produk yang dijual oleh Cake dan Bakery Yes Store.

"Saya berharap mereka mau urus izin dan mencantumkan label halal di produk yang mereka jual," paparnya. (AHMAD)

Berita Terkait