Kamis, 24 Mei 2018 | 22:46:05 WIB

Jelang Hut Ke-71 Korps Marinir, Pasmar-1 Gelar Bakti Sosial Di Gresik

Selasa, 8 November 2016 | 15:56 WIB
Jelang Hut Ke-71 Korps Marinir, Pasmar-1 Gelar Bakti Sosial Di Gresik

Suasana Pasmar-1 menggelar Bakti Sosial Kesehatan di Gresik. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto mewakili Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn, secara resmi membuka Bakti Sosial (Baksos) pengobatan gratis, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) ke-71 Korps Marinir di Balai Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Jawa Timur, Selasa (8/11).
 
Kegiatan tersebut dihadiri Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Aspers Danpasmar-1 Kolonel Marinir Mauriadi, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir Ainur Rofiq, pejabat teras Pasmar-1 tersebut dan melibatkan seluruh prajurit Batalyon Kesehatan-1 Marinir.

Turut hadir dalam acara itu, Camat Driyorejo Drs. Sujarto, Kapolsek Driyorejo Kompol Sukri, Danramil 0817/01 Driyorejo Kapten Czi Kasdi, Kepala Desa Sumput H. Sutaji, Perwakilan dari PT. Semen Indonesia Febriwan, dan Rizal dari PT. Dynamic Turbocharger Systems Indonesia (DTSI).
 
Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto mengatakan, Korps Marinir (Kormar) merupakan bagian integral dari kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memiliki tugas pokok dalam menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan berperan untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman serta gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara, baik melalui operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.
 
Menurutnya, Kormar berupaya untuk selalu berperan secara aktif dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan operasi, khususnya pada operasi militer selain perang, berupa pemberian bantuan penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan guna menjaga keutuhan dan stabilitas Nasional.
 
“Kegiatan Baksos kesehatan dalam rangka Hut Marinir ini, merupakan wujud nyata kepedulian Kormar terhadap masyarakat,” jelas Kolonel Marinir Siswoto.
 
Dengan semboyan bersama Marinir mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat, ia berharap kepada segenap masyarakat Driyorejo, untuk dapat memanfaatkan secara maksimal kegiatan Baksos kesehatan tersebut, agar terwujud masyarakat yang sehat, sehingga tercipta kondisi kehidupan yang lebih baik.
 
Pada kesempatan itu, ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Gresik dan pihak terkait, atas kerjasama dan partisipasinya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.
 
Usai sambutan, rombongan melaksanakan peninjauan kegiatan yang dilakukan prajurit-prajurit Kormar yang berada di Poli Umum, Poli ke poli Gigi dan Khitanan. Selanjutnya Wadan Pasmar-1 memberikan bingkisan kepada perwakilan pasien yang selesai melaksanakan pengobatan.
 
Sementara itu, Komandan Batalyon Kesehatan-1 Marinir Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Effendi, Sp. KG, M.Tr  Hanla selaku ketua panitia Baksos, mengatakan pengobatan tersebut, diikuti oleh pasien sebanyak 783 orang, diantaranya pada Poli Umum sebanyak 688 pasien, Poli Gigi 87 pasien dan Khitan sebanyak delapan pasien.
 
Untuk pelaksanaannya, Batalyon Kesehatan-1 Marinir bekerja sama dengan Puskesmas Driyorejo, Puskesmas Karang Andong, Dexa Medica, Wing, Semen Indonesia, PT. Dynamic Turbocharger Systems Indonesia dan Garuda Food.
 
Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik Dr. Nurul Dolam, M.Kes, mewakili warga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kormar atas perhatiannya dengan mengadakan Baksos pengobatan gratis bagi warga Desa Sumput dan sekitarnya, dengan harapan kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.
 

Berita Terkait