Rabu, 20 Juni 2018 | 05:00:32 WIB

KPU Halteng Gelar Undian Nomor Urut Pasangan Cabup dan Cawabup

Rabu, 9 November 2016 | 01:01 WIB
KPU Halteng Gelar Undian Nomor Urut Pasangan Cabup dan Cawabup

(FOTO: LAMAGI/LINDO)

HALTENG, LINDO - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Tengah Selasa, (8/11) kemarin sekitar pukul 10.00 WIT menggelar rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Halmahera Tengah tahun 2017 yang memenuhi persyaratan administrasi di Pandopo Falcilno, Weda, Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Dalam sambutannya Ketua KPU Halteng Hairudin Amir mengatakan sebagaimana yang telah sama-sama kita ketahui bersama bahwa amanat UU Nomor 10 tahun 2016 yang mengamanatkan kepada kita untuk melaksanakan pilkada serentak pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

"Alhamdulillah sudah beberapa tahapan penting menuju pilkada serentak telah kita lalui meskipun ada sekelumit dinamika yang sempat mewarnai jalannya tahapan pilkada ini. Namun, dapat diselesaikan dengan baik," katanya.

Berbagai tahapan kata dia, yang telah kita lalui diantaranya adalah tahapan penyusunan program dan anggaran, tahapan pembentukan PPK dan PPS, serta tahapan pendaftaran dan penetapan pasangan calon.

"Dan pada hari ini Senin, (8/11) pukul 10.00 WIT kita akan menggelar tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon hari ini menjadi sangat istimewa karena tahapan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh pihak KPU Halteng dilokasi yang terbuka sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan pilkada Halteng," tandasnya.

Ketua juga menyampaikan bahwa dalam pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan kita laksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang, ada tiga unsur yang wajib agar pemilihan berjalan dengan baik.

"Ketiga unsur tesebut adalah pertama adanya penyelenggara pemilihan, kedua adanya peserta pemilihan/calon dan ketiga adanya masyarakat sebagai pemilih," ujarnya.

Kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut adalah salah satu rangkaian dari penetapan peserta pemilihan. Oleh karena itu, Ketua KPU berharap kepada kita semua yang hadir disini untuk mengikuti betul dengan tertib segala proses pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon.

"Nomor urut pasangan calon perlu kita tetapkan karena nomor urut nantinya akan dimasukkan dalam alat peraga kampanye, bahan kampanye, dan surat suara pemilihan," tandasnya.

Ketua KPU juga menitip pesan kepada pasangan calon, tim kampanye dan pimpinan partai politik pengusul pasangan calon, lakukanlah pendidikan politik terhadap rakyat bertarunglah dengan jujur.

Pantauan LINDO sebelum kegiatan dimulai diawali dengan tarian lalayon bahwa detik-detik berlangsungnya kegiatan pengambilan nomor undian oleh pasangan calon pilkada. Ratusan pendukung dan simpatisan dari kedua pasangan calon di Pandopo Falcilno, ratusan pendukung dan simpatisan dimobilisasi dan diarahkan menuju lokasi dimana kegiatan pengambilan nomor undian di laksanakan yakni Pandopo Falcilno di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah.

Selain itu, banyak simpatisan dan pendukung yang berada di kota weda sendiri diarahkan menggunakan kendaraan roda dua dan empat maupun roda enam, serta yang berjalan kakipun ikut hadir dilokasi.

Selain itu, keempat calon yakni bupati dan wakil bupati masing-masing diberikan KPU Halteng menyampaikan pidato politiknya dihadapan masyarakat. Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Halteng M Al Yasin Ali, Kapolres Halteng AKBP Yulianto B Rombe, perwakilan Kejaksaan Negeri Weda, KPU Provinsi Maluku Utara dan Panwasluh Halteng. (LAMAGI LA ODE)

Berita Terkait