Senin, 23 April 2018 | 01:06:38 WIB

Bantai Myanmar 4-0, Thailand Siap Hadapi Indonesia di Final

Jum'at, 9 Desember 2016 | 02:39 WIB
Bantai Myanmar 4-0, Thailand Siap Hadapi Indonesia di Final

Teerasil Dangda (tengah) merakan gol ke gawang Myanmar pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 (Foto: AFP PHOTO / ROMEO GACAD)

BANGKOK, LINDO - Timnas Thailand melaju mulus ke babak final AFF 2016 usai mengalahkan Myanmar 4-0 (aggregat 6-0) pada leg kedua babak semifinal, Kamis 8 Desember 2016. Dengan hasil ini, Thailand akan bersua dengan Indonesia di partai puncak.

Menjamu Myanmar di Stadion Rajamanggala dengan keunggulan 2-0 di leg pertama, para pemain Thailand bermain dengan rileks.

Bermodalkan keunggulan pengalaman serta kualitas, para pemain Thailand mendominasi jalannya laga. Formasi 3-4-1-2 yang diusung pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang, cukup mampu meredam permainan Myanmar yang mengandalkan pola 4-4-2.

Dalam 20 menit pertama laga, Thailand sudah mendapatkan dua peluang emas. Salah satunya lewat tandukan bomber andalannya, Teerasil Dangda yang masih membentur mistar.

Gempuran serangan Thailand akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-33. Sarawut Masuk membuka euforia publik tuan rumah lewat tandukannya usai menyambut umpan silang Theerathon Bunmanthan.

Tertinggal 0-1 atau agregat 0-3, Myanmar yang kini dituntut mencetak tiga gol, langsung meningkatkan intensitas serangan. Beberapa peluang emas pun berhasil diciptakan anak-anak asuh Gerd Ziese.

Di menit ke-35, sontekan Myo Ko Tun di muka gawang masih menyamping. Tak lama berselang, giliran Yan Aung Kyaw yang harus gigit jari lantaran tendangan volinya masih bisa ditepis kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan. Hingga turun minum, Myanmar harus tertinggal 0-1 atau agregat 0-3.

Dominasi Thailand masih kental terasa di babak kedua. Hal itu memaksa para pemain Myanmar bermain sedikit keras untuk bisa merebut bola.

Namun, apesnya strategi itu justru menghadirkan malapetaka di mana Thailand mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-65. Kapten tim, Theeraton Bunmanthan sukses melaksanakan tugasnya sebagai algojo dan membawa timnya unggul 2-0.

Gol Bunmanthan rupanya sukses merontokkan mental bermain Myanmar yang harus mengejar defisit empat gol. Alhasil, Thailand sukses menambah dua gol tambahan pada menit ke-76 dan 83.

Gol ketiga Thailand lahir lewat aksi individu Pratum Chuthong yang sukses merangsek ke kotak penalti dan melepaskan sepakan dari sudut sempit. Sedangkan gol penutup War Elephants lahir dari kaki Chanatip Songkrasin usai memanfaatkan umpan matang Sarawut Masuk.

Menang 4-0 di leg kedua, Thailand memastikan diri lolos ke babak final dengan agregat 6-0. Di babak final nanti, Thailand yang memiliki rekor 100 persen kemenangan, akan menghadapi Indonesia yang sehari sebelumnya lebih dulu merebut tiket tersebut usai menyingkirkan Vietnam dengan agregat 4-3 (2-1 dan 2-2 via extra time).

Duel ini akan jadi pertemuan kedua Indonesia dan Vietnam di Piala AFF 2016. Sebelumnya, mereka sudah bersua di babak penyisihan grup di mana Indonesia dipaksa takuk 4-2.

Indonesia akan lebih dulu kebagian jatah sebagai tuan rumah pada leg pertama pada 14 Desember mendatang. Sementara Thailand akan menjadi tuan rumah pada leg penentuan, tiga hari berselang.

Susunan Pemain:
Thailand (3-4-1-2): Kawin Thamsatchanan; Adison Promrak, Tanaboon Kesarat, Pratum Chuthong; Theerathon Bunmanthan, Pokklaw Anan, Sarach Yooyen, Tristan Do; Chanathip Songkrasin; Sarawut Masuk, Teerasil Dangda

Myanmar (4-4-2): Kyaw Zin Phyo; Nanda Kyaw, Zaw Min Tun, Phyo Ko Ko Thein, David Htan; Yan Naing Oo, Myo Ko Tun, Yan Aung Kyaw, Maung Maung Lwin; Than Paing, Aung Thu

Berita Terkait