Minggu, 19 November 2017 | 17:27:04 WIB

Plt Gubernur DKI Usul Pembenahan Pelabuhan Pasca Kapal Terbakar

Minggu, 1 Januari 2017 | 17:54 WIB
Plt Gubernur DKI Usul Pembenahan Pelabuhan Pasca Kapal Terbakar

Evakuasi mayat korban kapal wisata Zahro Express yang terbakar. (FOTO: DETIK/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono mengambil pelajaran dari insiden terbakarnya kapal wisata di Muara Angke yang menewaskan 23 orang. Dia mengusulkan pembenahan manajemen pelabuhan.

"Sebebarnya ada gagasan ke depan, di satu sisi kita punya gagasan untuk menertibkan manajeman pelabuhan termausk pengelolaannya, termasuk standarisasi kapal maupun SOP-SOP teknis pengelolaan yang lainnya," kata Sumarsono di RS Atma Jaya, Jakbar, Minggu (1/1).

Menurut pria yang akrab disapa Soni ini, selama ini memang sudah ada SOP, namun baru mengatur mengenai navigasi. Belum menyentuh mengenai manajemen pelabuhan.

"SOP pengelolaan dalam konteks kepemilikan, tanggung jawab dan lainnya kan memang belum ada. Ada dua pola, satu dikelola langsung oleh pemprov DKI, yang kedua lewat koperasi," ujar Soni.

Soni mendorong agar kapal-kapal perseorangan masuk ke dalam koperasi atau paguyuban yang dikelola Dishub. Ini memudahkan proses pertanggungjawaban kalau ada sesuatu di luar dugaan.

"Penanganannya juga lebih clear, ini merupakan pembelajaran buat Pemprov dan buat kita semua untuk perbaiki manajemen pelabuhan dari pelayaran yang sifatnya tradisional seperti ini," ujar Soni. (DETIK)

EDITOR : ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga