Rabu, 18 Juli 2018 | 23:04:31 WIB

Babinsa Koramil Modung Berikan Wasbang di Yayasan Al-Azhar Bangkalan

Rabu, 4 Januari 2017 | 15:44 WIB
Babinsa Koramil Modung Berikan Wasbang di Yayasan Al-Azhar Bangkalan

(FOTO: Penrem 084/BJ/LINDO)

BANGKALAN, LINDO - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0829/12 Modung jajaran Kodim 0829/Bangkalan Serma Madrai dan Serda Samhaji memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen (LDKM) di Yayasan Al-Azhar di Desa Serabi Barat  Kabupaten Bangkalan yang diikuti oleh siswa dan siswi, Rabu (4/1) pagi.

Sekolah Menengah merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarrnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Sesuai dengan levelnya, pemberian wawasan tersebut disesuaikan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah.

Danramil 0829/12 Modung Kapten Inf Achmad Djaelani mengatakan, penyampaian materi wawasan kebangsaan ini sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas, dan merupakan penjabaran program Pembinaan Teritorial (Binter).

“Koramil 0829/12 Modung dalam hal ini telah berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Modung dan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil dalam rangka memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya”, kata Danramil.

Lanjut, Danramil dalam pemberian materinya tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMA yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah menengah atas.

Ditambahkan pula oleh perwira pertama dengan tiga balok dipundak ini, sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan yang nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI. (Penrem 084/BJ)

Berita Terkait