Kamis, 19 Juli 2018 | 08:46:38 WIB

Polri dan TNI Perbaiki Rumah Korban Puting Beliung di Jember

Sabtu, 14 Januari 2017 | 14:51 WIB
Polri dan TNI Perbaiki Rumah Korban Puting Beliung di Jember

Ilustrasi - TNI dan Polri gotongroyong perbaiki rumah warga yang terkena angin puting beliung di Jember. (FOTO: IST/LINDO)

JEMBER, LINDO - Personel Polri dan TNI bersama relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat membantu perbaikan rumah korban bencana angin puting beliung di Desa Lampeji dan Desa Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (14/1).

"Polri bersama TNI membantu korban puting beliung membersihkan reruntuhan bangunan rumah warga sejak Jumat (13/1) sore dan berlanjut hingga hari ini," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jember AKBP Kusworo Wibowo di lokasi bencana di Desa Karang Kedawung.

Menurut dia, Polres Jember melibatkan satu satuan setingkat kompi (SSK) atau sebanyak 90 personel untuk membantu korban angin puting beliung membersihkan sekaligus memperbaiki rumah maupun memulihkan (recovery) semangat warga tertimpa bencana.

"Untuk recovery, kami sudah siapkan kekuatan personel satu SSK, dan juga jajaran TNI untuk melakukan langkah-langkah cepat memulihkan kondisi di lapangan, sehingga masyarakat korban angin puting beliung bisa beraktivitas normal kembali," tuturnya.

Ia berharap kondisi masyarakat di Desa Karang Kedawung dan Desa Lampeji bisa kembali normal dalam dua hingga tiga hari mendatang, kemudian tergelarnya penguatan anggota TNI-Polri di daerah bencana tersebut juga meminimalisir terjadinya tindak kriminal dan peningkatan keamanan di wilayah itu.

Polres Jember juga memberikan bantuan langsung berupa kebutuhan bahan pokok kepada sejumlah warga yang menjadi korban terparah di beberapa titik lokasi bencana puting beliung.

"Bantuan langsung itu untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat yang menjadi korban angin puting beliung, agar jangan sampai kekurangan," katanya.

Sementara itu, Komandan Komando Daerah Militer (Kodim) 0824 Jember Letkol Inf Rudianto mengatakan pihaknya sudah menugaskan Komandan Rayon Militer (Danramil) serta Pasi Ops Kodim 0824 untuk membantu korban bencana alam sesuai kebutuhan untuk melaksanakan karya bakti membantu pembersihan jalan dan puing rumah korban.

"Kami juga membantu perbaikan terhadap rumah warga yang rusak ringan, sehingga bisa ditempati kembali. Kodim 0824 Jember mengerahkan sebanyak sebanyak 43 personel untuk melakukan karya bakti dengan sejumlah pihak di lapangan," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa personelnya dilibatkan sampai dengan batas-batas yang diperlukan untuk memulihkan keadaan dan penanganan darurat pascabencana.

"Pada intinya, kami selalu siap kapan saja diperlukan untuk aksi kemanusiaan penanggulangan bencana tersebut, namun mungkin pada hari-hari selanjutnya sudah mampu ditangani oleh pihak Koramil bersama unsur muspika lainnya," demikian Letkol Inf Rudianto. (ANT)

Berita Terkait