Jumat, 21 September 2018 | 13:22:42 WIB

Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa dan Petani Lihat Kesuburan Tanaman Padi

Senin, 30 Januari 2017 | 13:26 WIB
Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa dan Petani Lihat Kesuburan Tanaman Padi

(FOTO: Penrem 084/BJ/LINDO)

BANGKALAN, LINDO - Babinsa Koramil 0829-11/Konang Kodim 0829/Bangkalan Pelda Guntoro dan Sertu Mardiyanto turun kesawah, memberikan  penyuluhan dengan melakukan pengecekan kesuburan dan penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 2 Hektare, milik Sobari (38) Kelompok Tani  Desa Genteng Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Senin (30/1).

“Salah satu kendala utama dalam peningkatan produksi padi adalah penyakit padi, salah satunya adalah penyakit blas yang disebabkan oleh jamur Pyricularia grisea,” Kata  Rahmat PPL Kecamatan Konang

Dijelaskannya, faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit blas diantaranya adalah iklim makro dan mikro, musim, suhu dan kelembapan, cara budidaya, lokasi, waktu tanam, dan varietas padi.

Terpisah Danramil 0829-11/Konang Kapten Inf Budiono menghimbau dan mengajak para petani untuk selalu bekerjasama dan koodinasi dengan Babinsa, PPL dan UPTD.

Danramil berharap di kegiatan pengecekan secara berkala harus dilakukan dan segera dilakukan peyemprotan tanaman yang dilakukan harus tuntas agar panen nantinya mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak gagal panen.

Sobari mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Babinsa Koramil 0829-11/Konang Pelda Guntoro dan Sertu Mardiyanto, yang selalu turun ke sawah dan aktif memberikan penyuluhan juga contoh kepada petani di desa ini.

“Kami langsung terjun ke sawah dan jelaskan tata cara melaksanakan penanggulangan hama pada tanaman padi agar tahan terhadap serangan hama”. jelasnya. (Penrem 084/BJ)

Berita Terkait