Rabu, 19 September 2018 | 14:26:48 WIB

Iris Mittenaere dari Prancis Raih Miss Universe 2017

Selasa, 31 Januari 2017 | 01:08 WIB
Iris Mittenaere dari Prancis Raih Miss Universe 2017

Ajang kontes ratu kecantikan dunia, Miss Universe kembali digelar. Perhelatan malam puncak Miss Universe 2017 digelar di Mall of Asia Arena di Manila, Filipina, dan diraih oleh Miss France Iris Mittenaer, Senin (30/1). (FOTO : REUTERS/LINDO)

MANILA, LINDO - Ajang MIss Universe 2016 akhirnya telah menetaskan seorang pemenang baru, wanita cantik memiliki kulit eksotis asal Prancis Iris Mittenaere secara resmi bermahkotan Miss Universe. Sementara itu, di tempat runner-up pertama duduk Finalis asal Haiti, Raquel Pelissier, dan di runner-up kedua duduk Andrea Tovar dari Kolombia.

Sebelum nama finalis tiga besar diumumkan, mereka terlebih dahulu bergabung ke dalam Top 6 Miss Universe 2016. Ketiganya lolos dengan meninggalkan Mary Esther Were (Kenya), Maxine Medina (Filipina), dan juga Chalita Suansane (Thailand).

Pihak penyelenggara sendiri memiliki kriteria khusus dalam memilih Iris Mittenaere sebagai Miss Universe 2016. “Beauty, grace, confidence, intelligence. Those are the qualities embodied by your 65th #MissUniverse, Iris Mittenaere,” tulis pihak Miss Universe melalui akun Twitter @MissUniverse, Senin (30/1).

Sementara itu, panggung Miss Universe 2016 sempat dimeriahkan oleh kehadiran grup vokal legendaris Boyz II Men. Ajang ini berlangsung di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina dan dipandu oleh presenter Steve Harvey. Turut hadir juga Miss Universe 2015 asal Filipina, Pia Alonzo Wurtzbach yang menyerahkan mahkota ke kepala Iris Mittenaere.

Dalam sebuah rekaman acara, terlihat Iris Mittenaere memperlihatkan raut wajah tak percaya ketika namanya disebutkan sebagai Miss Universe 2016. Ia berdiri berhadapan sambil berpegangan tangan dengan Raquel Pelissier (Haiti) ketika sedang menantikan pengumumannya.

Sebelum diumumkannya nama Iris Mittenaere sebagai Miss Universe Indonesia, masyarakat Indonesia sempat menaruh harapan terhadap Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw. Sayangnya, langkah Kezia terhenti. Saat pengumuman Top 9 namanya tak disebut masuk. Perempuan Manado itu hanya menembus sampai Top 13 Miss Universe 2016.

Persiapan keras Puteri Indonesia Kezia Warouw tahun ini juga belum berhasil membawa Indonesia ke gelar puncak. Dan tahun ini, gelar Miss Universe dibawa pulang oleh Prancis.

Mempersiapkan diri di ajang seperti Miss Universe tentu butuh persiapan sangat serius, setidaknya setahun. Seorang peserta kompetisi Miss Universe tak hanya harus mempersiapkan diri secara fisik, juga mempersiapkan bekal intelektual dan kepribadian yang harus dipoles sedemikian rupa.

Beberapa tahun terakhir, dengan keberhasilan banyak Puteri Indonesia (mulai dari Artika Sari Devi sampai Elvira Devinamira) yang masuk posisi top 10 atau top 15 di Miss Universe, target untuk melampaui pencapaian itu semakin besar. Keberhasilan Elvira Devinamira membawa pulang gelar best national costume di Miss Universe 2015 nampak juga menjadi tantangan bagi tim Indonesia untuk bisa membawa gelar yang sama di tahun-tahun berikutnya.

Di kompetisi Miss Universe 2017, yang berlangsung di Manila, Kezia Warouw sebagai Puteri Indonesia 2016 juga perwakilan Indonesia sayangnya hanya bertahan sampai posisi 13 besar. Namanya tak dipanggil untuk bergabung di tahap 9 besar. Next to that, Kezia juga tidak berhasil memenangkan Best National Costume, despite that heavy and very detailed golden Garuda costume yang dibuat oleh tim Jember Fashion Carnivale.

Tahun ini, Best National Costume diraih oleh Miss Myanmar Htet Htet Htun yang membuatnya berperan sebagai boneka marionette (boneka yang dimainkan dengan tali-tali) yang menjadi bagian dari kostum nasionalnya. Di belakangnya, tersangkut backdrop dan panggung buatan seberat 40kg yang menunjukkan lukisan 2 atraksi wisata Myanmar yang terkenal, pagoda Shwedagon dan kuil Bagan. Kekalahan Kezia di kategori National Costume ini membuat sebagian netizen meminta agar tahun depan, tim Indonesia tidak membuat kostum yang terlalu ekstravagan.

Dari posisi 9 besar, pemandu acara Miss Universe tahun ini, yang dipegang kembali oleh Steve Harvey (yang tahun lalu dengan penuh kontroversi mengucapkan nama pemenang Miss Universe yang salah), memanggil 3 finalis untuk diberikan pertanyaan terakhir sebagai tes. Mereka adalah Colombia, Haiti, dan Prancis.
 
Akhirnya, Miss France Iris Mittenaere terpilih sebagai Miss Universe 2016, dengan Miss Haiti Raquel Pelissier sebagai Runner Up. And we love how Miss Haiti menyambut kemenangan Iris dengan begitu hangat, sambil dengan cepat memberikan pelukan semangat dengan kedua tangannya yang begitu fit (she looked like another version of R & B singer, Ciara).

Plus, lihat gaun yang dikenakan Iris saat ia dimahkotai sebagai Miss Universe 2016, simply stunning. Terpilih sebagai Miss Universe 2016, Iris akan menjalankan tugasnya setahun ke depan dengan gelar bergengsi ini sambil menyampaikan kampanye tentang kebersihan gigi yang menjadi salah satu misi pribadinya. (IST/WNT)

Berita Terkait