Senin, 21 Mei 2018 | 10:13:02 WIB

JK : Ini Sangat Luar Biasa Karena Apresiasi Pilkada Aman

Rabu, 15 Februari 2017 | 17:56 WIB
  • Wapres Jusuf Kalla (JK) di kediaman dinas Jl Diponegoro, Jakpus, Rabu (15/2). (FOTO: DETIK/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi pelaksanaan pilkada serentak yang berlangsung aman. JK menyebut belum ada laporan tindak pidana kekerasan dalam pilkada.

"Suasana seluruh Indonesia belum ada laporan tentang kekerasan. Kita apresiasi ini sangat luar biasa," ujar JK di kediaman dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (15/2).

JK menyampaikan hal ini saat menyaksikan hitung cepat (quick count) pilkada serentak. Pelaksanaan pilkada yang damai ini berbeda dengan pelaksanaan pemilu di negara-negara lainnya yang mengalami gangguan.

"Sekali lagi, kita apresiasi luar biasa ini," ujarnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut pelaksanaan pilkada serentak berlangsung relatif aman. Memang ada laporan keterlambatan distribusi logistik di sejumlah daerah karena faktor geografis.

"Sampai hari ini kita belum dapatkan laporan adanya insiden yang berarti dari semua wilayah seluruh Indonesia," kata Tito.

Pengamanan pilkada serentak memang sudah disiapkan termasuk pengamanan di wilayah timur Indonesia. Namun distribusi logistik seperti surat suara terkendala di pelosok Papua. (DETIK)

ALDY MADJIT