Rabu, 21 November 2018 | 19:29:18 WIB

Lanal Tegal Laksanakan Tes Garjas Periodik Tahun 2017

Rabu, 19 April 2017 | 14:07 WIB
  • Suasana prajurit Lanal Tegal melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik Tahun Anggaran (TA) 2017. (FOTO : DISPENLANTAMALV/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Seluruh anggota Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)Tegal, yang merupakan salah satu Lanal jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, pada periode bulan april ini melaksanakan kegiatan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik Tahun Anggaran (TA) 2017, yang dilaksanakan lapangan apel Markas Komando Lanal Tegal, Jawa Tengah, Rabu (19/4). Sesuai dengan rencana, tes tersebut akan dilaksanakan selama dua hari mulai hari Selasa sampai dengan hari Rabu ini.

Komandan Lanal (Danlanal) Tegal Letkol Marinir SB. Manurung melalui Pgs Palaksa Lanal Tegal Kapten Laut (P) Subandi mengatakan, kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik TA 2017 diselenggarakan oleh tim Jasrek, yang diikuti 115 personel Lanal Tegal.

Menurutnya, kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) khususnya Lanal Tegal.

"Kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit TNI AL, karena hal ini merupakan tolak ukur prajurit dalam melaksanakan tugas," terang Kapten Laut (P) Subandi.

Sebelum melaksanakan kegiatan, seluruh anggota terlebih dahulu dicek kesehatannya oleh anggota Kesehatan (Balai Pengobatan Lanal Tegal).

“Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh TNI AL, seluruh anggota harus dicek terlebih dahulu kesehatannya, biar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan dilapangan," ujarnya.

Adapun yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani adalah lari dengan jarak tempuh 2400 meter (samapta A), pull up selama satu menit, sit up selama satu menit, push up selama satu menit dan shuttle run secepat-cepatnya (samapta B).

Untuk menentukan jumlah nilai samapta B adalah jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4.  Dari nilai hasil keseluruhan tes kesegaran jasmani (samapta A+B) ini dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik. Pelaksanaan semapta periodik dilaksanakan dua kali dalam setahun.


ARMAN R