Kamis, 16 Agustus 2018 | 12:50:14 WIB

Sambut Nuzulul Qur'an, Mabesad Gelar Buka Puasa Bersama

Rabu, 7 Juni 2017 | 22:44 WIB
  • (FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka memjalin silahturahmi dengan prajurit jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) menggelar buka puasa bersama sekaligus menyambut datangnya Nuzulul Quran, di Mabesad, Jl Veteran No.5, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Acara tersebut dihadiri oleh Waksad, Letjend TNI Hinsa Siburian, KH. Abdulah Gymnastiar, Perwira Tinggi (Pati) Mabesad, Ketua umum Persit Kartika Chandra Kirana, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS di jajaran satuan lingkungan Mabesad.

Kasad Jrenderal TNI Mulyono menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran semua tamu undangan yang hadir bersama-sama dengan seluruh warga Mabesad untuk bersilahturahmi dan berbuka puasa bersama sekaligus menyambut Nuzul Quran.

"Dalam dimensi vertikal, keistimewaan yang paling utama di bulan suci Ramadhan adalah terdapatnya Lailatul Qadr, atau satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, di mana segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT," turur Kasad.

Menurutnya, turunnya Kitab Suci Alquran, atau Nuzulul Quran, juga terjadi dan merupakan salah satu keistimewaan bulan Ramadhan, sebagai sebuah momentum diberikannya manusia sebuah panduan untuk keluar dari gelapnya kebodohan kepada ketinggian ilmu pengetahuan dan ma'rifah serta cahaya kebenaran.

Sedangkan dalam dimensi horizontal, bulan Ramadhan ini sarat dengan makna pengendalian diri, baik dari berbagai perbuatan yang dilarang oleh ajaran agama, maupun berbagai perilaku yang memiliki dampak negatif bagi lingkungan sosial.

"Semangat toleransi, saling membantu serta saling menghormati sangat erat melekat pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan ini," terang Kasad.

Oleh karena itu, ia mengajak jajarannya untuk menjadikan ibadah puasa Ramadhan tahun ini sebagai sebuah momentum untuk bermuhasabah atau mengevaluasi diri, terhadap berbagai hal yang telah berlalu, serta memperteguh niat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dimasa depan.

"Sesuai dengan tema Ramadhan tahun ini yaitu, Jadikan hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Iedul Fitri 1438H/2017 sebagai sarana peningkatan keimanan dan ketaqwaan, kepedulian serta kebersamaan prajurit TNI AD dengan masyarakat guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat, kata Jenderal TNI Mulyono.

Sementara itu KH. Abdullah Gymnastiar dalam ceramahnya, mengajak prajurit TNI AD untuk menambah wawasan, keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

"Walaupun menjalankan ibadah puasa tapi tetap bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari dengan baik. Teruslah berbuat yang terbaik, tulus dan ikhlas dalam menjabarkan kebijakan TNI AD secara lebih implementatif, agar dapat dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit dan satuan jajaran TNI AD," kata KH. Abdullah Gymnastiar.

ARMAN R