Minggu, 19 Agustus 2018 | 04:45:39 WIB

Kasal : Menuju World Class Navy, Diperlukan SDM TNI AL Yang profesional

Rabu, 14 Juni 2017 | 14:31 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan di Surabaya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P bersama Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, memberikan pengarahan kepada prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) wilayah timur dan Mahasiswa STTAL, Taruna AAL serta para siswa Kodiklatal, di Graha Samudera Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut pejabat utama Mabesal yaitu Aspam Kasal, Aslog Kasal, Aspotmar Kasal serta Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Timur, pengurus pusat Jalasenastri dan Ibu-ibu Jalasenastri Wilayah Timur.

Dihadapan sekitar 3000 prajurit TNI AL wilayah timur, Kasal memberikan tiga hal penekanan yang harus dimengerti dan dilaksanakan oleh para prajurit, yaitu mengenai Sumber Daya Manusia (SDM), perkembangan organisasi dan hal-hal yang menjadi perhatian kedepan bagi para prajurit.

Dari tiga penekanan tersebut diharapkan para prajurit dapat mewujudkan Visi TNI AL yaitu membangun TNI AL yang berkelas dunia (World Class Navy).

Menurutnya, TNI AL sebagai World Class Navy dapat ditunjukkan dengan telah berkiprahnya TNI AL diajang dunia internasional dan mendapat pengakuan dari angkatan laut negara lain.

Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan adanya penghargaan Medali Kehormatan Tamandare Merit Medal dari pemerintah Brazil kepada Kepala Staf Angkatan Laut yang diterima pada bulan lalu. Selain itu juga dipercaya sebagai Chairman West Pasific Naval Symposium periode 2016-2018.

“Untuk menuju World Class Navy, diperlukan SDM TNI AL yang profesional. Untuk itu Pimpinan TNI AL telah membuka kesempatan yang luas kepada prajurit TNI AL untuk mengikuti pendidikan yang bersifat profesi maupun akademik, termasuk mengembangkan kemampuan bahasa asing,” jelas Laksamana TNI Ade Supandi.

Mampu berbahasa Inggris tambahnya, adalah wajib, sedangkan lainnya adalah berbahasa Perancis, Rusia, Cina, Arab dan Latin. Sedangkan untuk pengembangan organisasi TNI AL kedepan kata Kasal, masih dalam tahap kajian, diantaranya pengembangan Armada, Pasmar 3, Satlinlamil, Pangkalan Marinir serta Laboratorium Sistem Pengamanan Jaringan untuk menghadapi peperangan cyber.

Pada kesempatan itu, Kasal kembali menekankan kepada para prajurit agar meningkatkan integritas moral yaitu dengan mematuhi norma kesusilaan, norma agama, norma etiket dan norma bermasyarakat yang harus diterapkan dalam kehidupan kedinasan.

Ia juga menegaskan, agar prajurit TNI AL beserta keluarganya untuk menghindari Narkoba dan menghindari penyimpangan terhadap kewenangan dalam tugas agar sesuai Tupoksi.

Di sela-sela pengarahannya, Kasal beberapa kali memberikan pertanyaan kepada para prajurit dan Taruna serta siswa termasuk kepada ibu-ibu Jalasenastri dengan berbagai materi pertanyaan sehingga suasana menjadi semakin menarik dan hidup.

Menutup rangkaian safari Ramadhan di Surabaya, Kasal melaksanakan buka puasa bersama prajurit TNI AL Wiltim dan anak-anak yatim piatu serta shalat Magrib berjamaah dan shalat Isya’ berjamaah dilanjutkan shalat taraweh.

Acara diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu oleh Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi didampingi Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito dan Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Cici Wuspo Lukito.

 

ARMAN R