Rabu, 21 November 2018 | 05:11:40 WIB

Volume Kendaraan Lebaran Kedua Meningkat di Lintas Cianjur

Senin, 26 Juni 2017 | 12:14 WIB
  • Volume kendaraan di jalur puncak menuju Cianjur, Jawa Barat padat merayap. (FOTO: IST/LINDO)

BANDUNG, LINDO - Sehari setelah Lebaran, volume kendaraan yang melintas di Cianjur, meningkat dengan sebagian besar merupakan kendaraan bernomor Bandung dan Jakarta.

"Pagi ini volume kendaraan yang masuk ke wilayah Cianjur dari Bandung dan sekitarnya meningkat melintas di Jalan Raya Bandung-Cianjur. Mungkin hendak bersilaturahmi atau hendak berwisata," kata Zaenudin, anggota Pos Pam di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Senin (26/6).

Dia menuturkan, volme kendaraan yang melintas sebagian besar masuk kota Cianjur dan sejumlah jalur menuju tempat wisata seperti Wisata air di Jangari di Kecamatan Mande dan Cikalongkulon serta menuju Situs Gunung Padang di Kecamatan Campaka.

Hal yang sama terlihat di jalur Puncak-Cipanas. Sebagian besar kendaraan yang didominasi nopol Jakarta masuk ke sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut.

Puluhan anggota keamanan disiagakan di perempatan menuju tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara. "Kami menempatkan sejumlah anggota di perempatan jalan menuju tempat wisata untuk mengantisipasi terjadinya antrean," kata Bripka Erwin, anggota Satlantas Polres Cianjur.

Dia memperkirakan, volume kendaraan akan terus meningkat hingga beberapa hari kedepan seiring libur panjang bersama yang akan dimanfaatkan warga dan pendatang untuk berlibur di kawasan tersebut.

"Sepanjang minggu ini volume kendaraan akan meningkat ditambah dengan arus balik yang akan terjadi pekan ini. Untuk antisipasi sesuai intruksi atasan dan rapat koordinasi kami akan melakukan sejumlah rekayasa dan mengalihkan arus ke jalan alternatif yang banyak terdapat di sepanjang jalur Puncak-Cipanas," katanya. (MI)

ALDY MADJIT