Minggu, 16 Desember 2018 | 01:43:13 WIB

Arus Balik di Bakauheni Lebaran H+4 Sangat Lengang

Kamis, 29 Juni 2017 | 10:48 WIB
  • Arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Kamis (29/6) pagi atau H+4 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung masih sepih. (FOTO: REPUBLIKA/LINDO)

BAKAUHENI, LINDO - Arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Kamis (29/6) pagi atau H+4 masih lengang, namun diperkirakan mulai padat menjelang siang.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (29/6), pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB masih lengang atau belum ada peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan motor dan mobil pribadi.

Meskipun sempat terjadi antrean untuk kendaraan pribadi di sejumlah dermaga, namun volumenya lebih sedikit dibandingkan daya angkut kapal.

Berbeda dengan kondisi sore kemarin yang ramai kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, meski tidak sampai mengular keluar areal pelabuhan.

Ruas jalan yang menuju Pelabuhan Bakauheni pun ramai lancar, dan pada Kamis pukul 02.00 WIB terjadi peningkatan arus balik kendaraan pemudik dan pejalan kaki. Meski demikian, tidak ada antrean panjang di loket penjualan tiket.

Koordinator data ASDP cabang Bakauheni, Ahsan Muhtar mengatakan untuk sementara baru 18 persen pemudik yang kembali dari total jumlah yang masuk ke Pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak.

Sehubungan itu, beberapa kalangan menduga arus balik pekerja sektor formal, seperti PNS dan karyawan swasta/BUMN, akan mulai ramai pada Jumat hingga Minggu (H+6), namun puncaknya diyakini pada Sabtu.

Arus balik pekerja sektor informal biasanya berlangsung setelah aktivitas perkotaan di Jawa sudah mulai pulih. Dengan demikian, puncak arus balik pekerja sektor informal diperkirakan terjadi pada 7-8 Juli 2017.

Kapal feri yang dioperasikan pada arus balik pemudik mencapai 32 unit.  (ANT)

ALDY MADJIT