Rabu, 19 Desember 2018 | 08:45:56 WIB

Prajurit Pendam Jaya Asah Kemampuan Navrat Di Minggu Militer

Sabtu, 29 Juli 2017 | 11:50 WIB
  • (FOTO : PENDAMJAYA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Belajar dan berlatih merupakan suatu kebutuhan bagi Prajurit Penerangan Kodam (Pendam) Jaya. Seperti kegiatan Minggu Militer yang merupakan saat yang tepat untuk mengasah kemampuan perorangan agar dapat menjadi prajurit yang handal dan profesional.

Kasituud Pendam Jaya Mayor Arh Tomas Tato beserta prajurit Pendam mengikuti latihan materi Navigasi Darat (Navrat) dalam rangka Minggu Militer, di Lapangan Jayakarta Makodam Jaya, Jakarta, Jumat (28/7).

Mayor Arh Tomas mengatakan, Navigasi Darat adalah ilmu praktis. Kemampuan bernavigasi dapat terasah jika sering berlatih. Pemahaman teori dan konsep hanyalah faktor yang membantu dan tidak menjamin jika mengetahui teorinya secara lengkap maka kemampuan navigasinya menjadi tinggi.

"Prajurit mahir navigasi yang tidak pernah berlatih dalam jangka waktu lama, dapat mengurangi kepekaannya dalam menggunakan kompas, menerjemahkan tanda-tanda di peta ke medan sebenarnya atau menerjemahkan tanda-tanda medan kedalam peta," terang Mayor Arh Tomas.

Menurutnya, berlatih Navigasi Darat dengan menggunakan kompas dan peta sesering mungkin akan membantu kita untuk dapat mengasah kepekaan dan pada akhirnya Navigasi Darat yang telah kita pelajari dapat bermanfaat untuk melaksanakan tugas pokok di satuan.

Latihan tersebut diajarkan oleh Kapten CTP Komar dari kesatuan Topdam Jaya. Latihan diawali dengan pemberian teori praktis dan diteruskan dengan praktek kelompok.

ARMAN R