Selasa, 24 April 2018 | 15:40:29 WIB

Audisi Djarum Purwokerto-Surabaya Sisakan 328 Peserta

Minggu, 6 Agustus 2017 | 20:09 WIB
  • Audisi umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis. (FOTO: DJARUM-OPEN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 328 peserta yang tersisa dari tahap penyaringan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 yang digelar secara serempak di Surabaya, Jawa Timur dan Purwokerto, Jawa Tengah.

Dalam keterangan resmi PB Djarum di Jakarta, Minggu (6/8), pada tahapan penyaringan ini, setiap peserta bertanding dengan lawan yang sesuai dengan kelompok umurnya dalam durasi lima hingga sepuluh menit dan diseleksi oleh tim pemantau siapa saja peserta yang berhak melaju ke tahap turnamen.

Di Surabaya, Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengakui bahwa dalam tahap penyaringan awal, bibit-bibit berkualitas mulai terlihat dalam audisi umum di Kota Pahlawan tersebut.

"Setelah diamati dalam proses screening, kita lihat ada beberapa yang potensial dalam hal teknik dasar yang kami perhatikan. Sejatinya atlet bulutangkis itu harus memiliki tiga hal dalam dirinya, kecepatan, teknik permainan dan juga daya tahan, itu yang jadi pertimbangan kami dalam audisi umum ini," ucap Fung.

Menurut Fung, munculnya bibit-bibit berkualitas ini tak lepas dari kondisi saat ini di mana mereka mendapat asupan gizi yang lebih baik.

"Kita bisa lihat, anak-anak sekarang gizinya bagus-bagus tidak ada yang kurus kering seperti zaman dahulu. Yang harus diperhatikan sekarang adalah membentuk mindset atau cara berpikir anak-anak ini supaya memiliki pandangan dan mental sebagai calon juara dunia," ucap Fung menambahkan.

Sementara itu, Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 di Purwokerto, Christian Hadinata, menyatakan teknik dasar yang dimiliki para pebulutangkis muda ini menjadi hal yang utama dalam penilaian yang dilakukan timnya.

"Ini adalah tahap awal dimana kami baru melihat teknik-teknik dasar. Setelah screening akan lebih jelas bibit-bibit potensial dari Audisi Umum di Purwokerto," ujarnya.

Dari hasil screening di Surabaya, 32 peserta U-11 Putri dan 32 peserta U-13 Putri dinyatakan berhak melaju ke tahap turnamen. Disusul dengan 64 peserta U-11 Putra dan 64 U-13 Putra yang juga berhasil melanjutkan kompetisi di fase turnamen. Dengan demikian, total sebanyak 192 peserta berhasil lolos dari tahap screening di Surabaya.

Sementara, pasca-tahap screening di Purwokerto, sebanyak 136 peserta dinyatakan lolos ke tahap turnamen, yakni 32 peserta U-11 Putri dan 16 peserta U-13 Putri. Sementara U-11 Putra terdapat 56 peserta yang dinyatakan lolos ke tahap turnamen, serta 32 peserta U-13 Putra.

Para peserta yang tersisa dari empat kategori, yakni U-11 Putra, U-11 Putri, U-13 Putra dan U-13 Putri, pada hari Minggu ini bertanding dalam tahap turnamen.

Usai Purwokerto dan Surabaya Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tinggal menyisakan Kota Kudus yang akan berlangsung pada pada 5-7 September 2017. Seluruh peserta yang lolos di tiap kota bakal kembali berkompetisi di tahap Final Audisi Umum yang berlangsung pada 8-10 September 2017 di GOR Djarum, Jati, Kota Kudus. (ANT)

ALDY MADJIT