Selasa, 12 Desember 2017 | 09:35:57 WIB

Danramil 2215/Ciemas Kodim 0622/KS Terus Dorong Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu Go Internasional

Rabu, 16 Agustus 2017 | 08:31 WIB
  • (FOTO : KODIM0622/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Bentangan Alam Morfologi tapal Kuda yang menyerupai Mega ampifeater terbuka kearah Teluk Ciletuh Lanskap dengan dengan dimensi sekitar 15 x 9 Km terbentuk karena Proses geologi pada Zaman Pilistosen yang menyebabkan bagian Barat dataran tinggi mengalami longsor ke Laut.

Dataran Tinggi Amfiteater ditutupi oleh formasi Jampang Anggota Cikarang Bukti  dari proses Struktur ini adalah adanya 9 Air terjun di sepanjang Dingding Amfiteater seperti Curug Awang, Cimaringjun, Sodong, Puncak Manik dan Bukit-bukit dengan permukaan segitiga di beberapa tebing Amfiteater.

Demikian sebuah tulisan di Dingding sebuah tembok  di Vila Panenjoan Geopark Palabuhan Ratu, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Suasana yang Damai dan nyaman serta pemandangan Cakrawala nan indah, sejuk sejauh mata memandang, yang  diiringi semilir angin sepoi-sepoi semakin menambah keindahan pesona Alam Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu bagi setiap pengunjungnya.

“Saya sebagai abdi negara dan masyarakat yang bertugas di Koramil 2215/Ciemas Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi (KS) sangat bangga dan bersyukur atas kemajuan yang dialami Kecamatan Ciemas.  Diantaranya Sektor Pariwisata Geopar Ciletuh yang menyajikan pesona alam yang sangat memikat setiap pengunjung, baik lokal ataupun mancanegara,” ungkap Komandan Koramil (Danramil) 2215/Ciemas Kapten Inf. Dudung Sumarna ketika Berkunjung ke Villa Panenjoan Geopark, pada Selasa (15/8).

Ia juga terus-menerus mengorbitkan  Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu untuk Go Internasional.  ”Saya bersama-sama dengan Muspika Kecamatan Ciemas selalu mensosialisasikan tentang Wisata Alam Geopark Ciemas melalui lisan ataupun melalui media cetak ataupun elektronik,” ujar Kapten Inf. Dudung Sumarna.

Karena tambahnya, apabila jumlah pengunjung wisata banyak yang datang ke Geopark, otomatis banyak hal Positif yang menguntungkan Masyarakat setempat dan dapat menambah Devisa bagi Negara.

Selain itu, ia juga selalu mewaspadai mengantisipasi dengan melakukan upaya deteksi cegah dini terhadap kemungkinan negatif demi keamanan dan kenyamanan, agar para pengunjung yang datang dapat menikmati liburanya dengan aman dan damai.

Kapten Inf. Dudung Sumarna juga selalu memberikan himbauan kepada masyarakar agar selalu menjaga kebersihan, agar lokasi pariwisata tetap bersih dan enak dipandang.

Sementara itu, Ade salah satu pemilik Villa di Kawasan Wisata Alam Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu Kecamatan Ciemas menuturkan, ia sangat berterimakasih kepada Danramil Ciemas Kapten Inf. Dudung Sumarna.

Karena menurutnya, Danramil Ciemas selalu Aktif membantu Kemajuan Geopark, mulai dari hal keamanan, Ketertiban, kebersihan, serta selalu melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga agar apabila ada hal-hal yang tidak bisa diselesaikan oleh warga.  Ia juga selalu hadir untuk memberikan Arahan dan bimbingan  guna kemajuan Wisata Alam Geopark Ciletuh.

“Omset pengunjung ataupun pembeli dari hari kehari semakin meningkat terutama hari-hari libur, seperti hari Sabtu dan Minggu dan hari -hari besar lainya,” ungkapnya.

Ade juga mengharapkan kepada pihak Pemda Kabupaten Sukabumi agar selalu mempublikasikan tentang keberadaan Wisata Alam Geopark dan ada pihak swasta yang berani menginsvestasikan  untuk kemajuan Geopark agar lebih banyak para wisatawan yang datang, baik Lokal ataupun mancanegara.

ARMAN R