Rabu, 24 Oktober 2018 | 12:35:47 WIB

Sekjen Kemhan Dan KKP Tindaklanjuti Kerjasama Bidang Kelautan Dan Perikanan

Minggu, 20 Agustus 2017 | 21:47 WIB
  • (FOTO : PUSKOMKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Dr. Widodo dengan didampingi Kepala Biro Perencanaan Kemhan Brigjen TNI drs. Akhmad Tamim, menerima kunjungan Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Effendi Hardijanto, di kantor Kemhan, Jakarta, Jumat (18/8).  

Dalam pertemuan ini, kedua Sekjen menindaklanjuti kerjasama yang telah ditandatangani antara Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti beberapa tahun lalu.

Terkait dengan kerjasama kedua kementerian, Sekjen KKP menyampaikan bahwa perlu adanya pembekalan kepada siswa Taruna Nusantara (TN) atau taruna Akmil/Akpol mengenai kelautan. Sehingga diharapkan para siswa TN atau taruna Akmil/Akpol sudah memiliki wawasan tentang kelautan sejak awal.

Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk memperbaiki gizi siswa sekolah maupun santri di Pondok Pesantren, yaitu dengan mengajak siswa atau santri untuk mengkonsumsi ikan.  Untuk memasyarakatkan ikan kepada siswa ataupun santri perlu adanya kerjasama dengan koperasi-koperasi yang ada di sekolah untuk membudidayakan ikan atau mengelola makanan olahan berbahan dasar ikan.

Menurut Rifky Effendi Hardijanto, Pulau Jawa dan Lampung memiliki tingkat konsumsi ikan atau protein yang sangat rendah.  Oleh karenanya, KKP ingin melakukan percepatan mengkonsumsi ikan di Pulau Jawa dengan memberikan sosialisasi.

Bentuk sosialisasi yang akan dilakukan adalah dengan pemberian kuliah umum kepada siswa TN atau taruna Akmil/Akpol yang akan disampaikan langsung oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Pemberian kuliah umum ini mungkin dapat diawali di SMA TN, Akmil, AAU, AAL dan Akpol.

Menanggapi hal ini, Sekjen Kemhan Dr. Widodo mengatakan, untuk merealisasikan hal ini, perlu adanya koordinasi dengan para Direktorat Jenderal (Ditjen) terkait. Namun pada dasarnya Kemhan sangat mendukung sepenuhnya program KKP untuk turut mensukseskan program pemerintah Nawacita di bidang kelautan.

ARMAN R