Minggu, 16 Desember 2018 | 20:07:23 WIB

Jaga Stabilitas Pangan Nasional, TNI Turun ke Sawah Bersama Petani Ponorogo

Rabu, 18 Oktober 2017 | 20:08 WIB
  • (FOTO: NURCHOLIS/LINDO)

PONOROGO, LINDO - Keterlibatan Bintara Pembina Desa (Babinsa) seperti dalam pendampingan pertanian ini bukanlah tugas yang baru. Pada tahun-tahun yang sebbelumnya, bahkan hingga saat ini, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam rangka menekan laju pertumbuhan penduduk, menggalakan program yang disebut sebagai Program KB Kes, Keluarga Berencana Kesehatan.

Siapa yang jadi penggeraknya, tentunya Babinsa. Mereka dilibatkan sebagai penggerak masyarakat untuk ikut dan penting tidaknya informasi tentang penyuluh KB dan yang terlebih untuk mendorong masyarakat mengikuti program KB, dengan harapan pertambahan penduduk akan lebih terkendali, dan tercipta untuk lingkungan keluarga yang sehat sejahtera.

Seperti yang dilakukan Babinsa Serka Suratman anggota Koramil 0802/08 Sampung ini pada Rabu (18/10) melaksanakan pemantauan perkembangan padi disawah milik bapak Katimun anggota kelompok tani sumber makmur Dukuh Wirodranan Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Melalui program ketahanan pangan ini justru suatu peningkatan, karena begitu program digulirkan Babinsa juga ditingkatkan kemampuannya dengan diberikan pelatihan di bidang pertanian, sehingga mengerti komponen apa aja yg menunjang keberhasilan ketahanan pangan.

REPORTER : MUH NURCHOLIS

SUPRIYANTO