Sabtu, 20 Oktober 2018 | 09:37:36 WIB

Sultan Jailolo Abdullah Sjah Tutup Usia

Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:49 WIB
  • (Alm) Sultan Jailolo Abdullah Sjah. (FOTO: SM/LINDO)

HALBAR, LINDO - Kabar duka dari Kesultanan Jailolo yaitu Sultan Jailolo Abdullah Sjah telah wafat pada Selasa (24/10) dini hari pukul 01.30 Wit di rumah sakit umum daerah (RSUD) Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Sebelumnya sultan dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatan menurun karena mengalami kesulitan pernapasan pada Jumat (22/9) sekitar pukul 11.00 WIT.

Dia dilarikan oleh anggota keluarga dan pasukan adat kesultanan. Saat tiba di rumah sakit, Sultan langsung dibawa ke ruangan IGD untuk pengecaken medis. Secara medis tim dokter harus menyedot lendir di tenggorokan, sedangkan penyakit lain tidak ditemukan oleh tim dokter.

“Benar, tadi pada pukul 01.30 Wit, Sultan Jailolo wafat di rumah sakit Jailolo. Saya hanya bisa memberikan informasi itu saja,” kata dr Joice salah satu dokter di RSUD Jailolo saat dihubungi LINDO.

Sementara itu suasana di rumah sakit maupun di kediaman Sultan Jailolo para keluarga dan para pelayat sedang sibuk mempersiapkan penyambutan jasad Sultan Jailolo untuk disemayamkan dirumah pribadi (kedaton Jailolo) yang berada di Jailolo, Halbar. (RIFAI)

ALDY MADJIT