Rabu, 22 November 2017 | 20:10:28 WIB

Delegasi Jepang dan Pushidrosal Bahas Survei Bersama Diselat Malaka-Singapura

Selasa, 24 Oktober 2017 | 01:17 WIB
  • Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat menerima kunjungan delegasi Jepang. (FOTO: DISINFOLAHTA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Guna membahas kerjasama survei bersama antara Indonesia, Malaysia, Singapura dan Jepang yang akan dilaksanakan di Selat Malaka dan Selat Singapura, Delegasi Jepang berkunjung ke Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (23/10).

Delegasi Jepang yang terdiri dari Mr Elichi Kato (Executive Director Malacca Strait Council of Japan), Mr Tomotaka Ito (Adviser Japan Hydrographic Association), Mr Nobuyuki Kawahashi (General Manager, Sales Departement Tokyo Branch Office), Mr Shoichi Kokuda (Director Geo-Spatial Information Headquarter) serta Mr Takayuki Fushimi  (Project Manager Overseas Business Group) diterima Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro yang didampingi beberapa Pejabat Utama Pushidrosal.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal mengucapkan selamat datang kepada delegasi Jepang, dan mengungkapkan rasa senangnya dapat bekerjasama lagi dengan pihak Jepang untuk menyelenggarakan survei bersama di Selat Malaka dan Selat Singapura tahap II untuk menjamin keselamatan pelayaran  di kedua selat tersebut. Kapushidrosal mengharapkan agar pertemuan ini dapat menghasilkan hal yang bagus bagi kelancaran pelaksanaan survei tersebut.

Sementara itu, dalam pembahasan teknis mengenai garis besar survei, pihak Pushidrosal  yang dipimpin oleh Dirpamkersamtas Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono  dicapai  beberapa kesepakatan, diantaranya, Pushidrosal diminta untuk menugaskan perwiranya sebagai Technical Officer (TO) dan Security Officer (SO) pada kegiatan survei tersebut guna mengendalikan pelaksanaan dan menjamin kualitas hasil survei.

Pushidrosal diminta menyediakan data pasang surut di tiga tempat yaitu Tolop, Medang dan Pulau Nipah. Program kerjasama survei Trilateral tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada Januari 2018. (DISINFOLAHTA)

AHAMD DAILANGI