Kamis, 19 Juli 2018 | 07:16:22 WIB

Panglima dan Kapolri Apresiasi Kekompakan Soliditas TNI dan Polri di Kalimantan Barat

Jum'at, 29 Desember 2017 | 18:23 WIB
  • (FOTO: PENDAM TANJUNGPURA/LINDO)

KUBU RAYA, LINDO – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa, dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigjen TNI Sulaiman Agusto menyambut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Thanjanto dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian, di Markas Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Senin (28/12).

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri adalah dalam rangka memberikan pengarahan kepada Perwira Menengah keatas Prajurit Kodam XII/Tanjungpura di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah serta Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.

Dalam penyambutannya Pangdam beserta prajurit Kodam XII/Tpr dan Anggota Polda Kalimantan Barat merasa terhormat dapat menerima pemimpin tertinggi TNI dan Polri, yaitu  Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan Darat, dan Kepala Staf Angkatan Laut di Kalimantan Barat, dan menyatakan siap untuk menerima Pengarahan dari para pemimpin tertinggi TNI dan Polri.

Dalam pengarahan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengapresiasi, bahwa kekompakan TNI dan Polri di jajaran Kalimantan Barat sudah sangat solid dan sudah teruji. Selain itu Kapolri mengakui bahwa, Polri tidak akan mampu menangani tahun politik sendiri dan butuh dukungan bantuan dari TNI. “Kerjasama dan sinergi antara TNI - Polri pada tahun politik yang akan datang mutlak diperlukan,” ujarnya.

“Saya pernah menyampaikan kepada Panglima TNI bahwa Polri berharap TNI bisa bantu Polri. Karena dengan TNI membantu Polri aman Negara ini, oleh karena itu kunci nya memang hanya Soliditas kekuatan Polri dan kekuatan TNI, karena kita tidak memilih (Netral), dan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Pemilukada 2018 dan 2019 nantinya,” harap Kapolri.

Soliditas adalah modal yang utama harus tetap terjaga terus, Polri prinsip tentu, mitra itu penting bagi Polri dan sudah disampaikan dimana – mana adalah TNI.

“Tanpa dukungan TNI, Polri tidak akan bisa menjaga dan ketertiban masyarakat, oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati kepada seluruh jajaran TNI mari kita bekerjasama dalam rangka menjaga NKRI, silahkan Pesta Demokrasi berjalan tapi NKRI tetap satu dan tidak tergoyah,” Jelas Jenderal Pol Tito Karnavian mengakhiri arahannya.

Sementara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI dan Polri yang pada saat perayaan Natal 25 Desember 2017, semuanya bisa berjalan dengan aman dan damai, berkat kerjasama yang erat antara TNI dan Polri, menunjukan bahwa TNI dan Polri dengan soliditasnya sampai saat ini tetap terjaga.

Soliditas TNI dan Polri merupakan kunci keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh sebab itu, Soliditas TNI dan Polri adalah Harga Mati. “Karena dengan Soliditas yang terjaga itu, TNI dan Polri dapat membantu kelancaran pembangunan NKRI dan kesejahteraan Rakyat Indonesia dalam segi keamanan.” Tutur Panglima TNI.

Lanjut Panglima TNI berpesan, “sebentar lagi memasuki Tahun Politik 2018 dan 2019, untuk itu pesan saya yang saya tekankan adalah Netralitas harus dijaga. Pengamanan Pemilukada, Pemilu Nasional, dengan tetap menjaga netralitas. Sehingga pesta demokrasi berjalan sukses, aman dan damai,” pesannya.

“Terus Jaga Soliditas TNI dan Polri, kita jaga Netralitas demi NKRI, tidak ada lagi,” tutup Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (PENDAM TANJUNGPURA)