Minggu, 22 April 2018 | 06:22:05 WIB

KPU Malut Terima Berkas AGK-YA

Rabu, 10 Januari 2018 | 23:50 WIB
  • KPU Malut terima berkas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, KH Abdul Gani Kasuba, Lc dan M. Al Yasin Ali, MT. (FOTO: ERIS/LINDO)

TERNATE, LINDO – Berkas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, KH Abdul Gani Kasuba, Lc dan M. Al Yasin Ali, MT akhirnya dinyatakan diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) sesaat setelah scorsing sidang dicabut dan melanjutkan pada agenda sidang penerimaan berkas Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara.

Sebelumnya Ketua KPU Malut, Sahrani Somadayo saat dikonfirmasi, Rabu (10/12) mengatakan, bahwa terkait Rekomendasi PKPI sementara menunggu hasil konsultasi dengan KPU RI.

“Saat kemarin kita sudah sahkan, karena sudah ditanda-tangani oleh DPP PKPI dan pengurus Daerahnya, dan itu tidak ada masalah, dan sekarang ini ketua DPP PKPI Malut, mendaftar lagi dengan pasangan Cagub yang berbeda, ini kan jadi masalah, nanti kita lihat apakah masih bisa diterimah atau tidak, kita akan konsultasi dulu dengan KPU RI soal ini,” kata Syahrani kepada wartawan di Green Dafam Hotel Rabu (10/1).

Untuk diketahui, pasangan AGK-YA mendaftaran di KPU Malut pukul 14.20 Wit Rabu tadi, seluruh persyaratan yang diwajibkan untuk mencalonkan diri sebagai Cagub dan Cawagub telah dilengkapi oleh pasangan AGK-YA, hanya saja, pasangan ini terganjal dengan rekomendasi dari PKPI, Karena  Partai pengusung PKPI ini juga telah ikut didaftarkan sebelumnya oleh pasangan Burhan Abdurrahman dan Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) pada Senin (8/1) lalu.

“Untuk SK pembatalan PKPI ke pasangan Bur-Jadi itu, kami tidak tau, kami juga baru mengetahui SK pembatalan itu pada hari ini,” ungkap Sahrani.

Tak terima dengan hal itu, perdebatan alot pun terjadi, antara Pihak KPU Malut dengan Tim yang mendampingi pasangan calon (paslon) AGK-YA saat mendaftar. Tim AGK-YA mendesak Pihak KPU agar menerima Rekomendasi PKPI yang dikantongi paslon AGK-YA dengan asumsi Rekomendasi yang lama yang dikantongi BUR-JADI telah dibatalkan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Alhasil, sidang penerimaan berkas Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur itu discorsing hingga 2 kali dengan alasan menunggu hasil konsultasi dengan pihak KPU RI dan DPN PKPI di Jakarta. Tepat pukul 10.45 WIT, pihak KPU Malut mencabut scorsing sidang dan berselang berapa menit kemudian, Ketua KPU Malut menyatakan menerima berkas Balon AGK-YA.

“Berkas Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur diterima. Selanjutnya akan dilakukan Berita Acara kepada Balon Gubernur dan Wakil Gubernur,” tutur Sahrani yang didampingi Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amin.

“Acara pembukaan pendaftaran malam ini dinyatakan telah berahir dan dinyatakan selesai,” tutupnya. (ERIS)