Selasa, 13 November 2018 | 12:11:21 WIB

Pangarmatim Hadiri Wisuda 90 Perwira dan Bintara Alumni STTAL

Senin, 15 Januari 2018 | 21:51 WIB
  • (FOTO: DISPEN ARMATIM/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ny. Retno Didik Setiyono menghadiri acara kelulusan wisuda sebanyak 90 Perwira dan Bintara lulusan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, di Gedung Moelyadi Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Senin, (15/1).

Adapun Perwira dan Bintara TNI-Polri alumni STTAL Tahun 2018 yang berhasil di wisuda diantaranya, 50 Perwira program sarjana S1 Angkatan XXXVI dan 40 Bintara yang menempuh program Diploma 3  Angkatan X di STTAL, dengan rincian 84 personil TNI AL, 5 personel TNI AU dan Polri sebanyak 1 personel.  Dari hasil penilaian selama pendidikan sebagai mahasiswa berprestasi, peraih nilai tertinggi program S1 adalah Kapten Laut (T) M. Didik Khaerudin dari Prodi S1 Teknik Mesin (IPK 3,69), Kapten Laut (P) Yohanes Indra Kusuma AS dari Prodi S1 Hidrografi (IPK 3,62), Kapten Laut (P) Fanny Gunawan Siregar dari Prodi S1 Teknik Manajemen Industri  (IPK 3,58) dan Kapten Laut (E) Dhaesa Pramana dari Prodi S1 Teknik Elektro (IPK 3,47).

Sedangkan peraih nilai tertinggi prodi D3, meliputi: Serka KOM Yusuf Wibowo dari Prodi D3 Hidro Oseanografi (IPK 3,80), Serka EDE Zulfadli dari Prodi D3 Teknik Informatika (IPK 3,76), Serma EKL Parham, dari Prodi D3 Teknik Elektronika (IPK 3,51) dan Serka MPU Budiman, dari Prodi D3 Teknik Mesin (IPK 3,44).

Selanjutnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di STTAL tepat pada waktunya. 

“Keberhasilan tersebut perlu diapresiasi dan disyukuri sebagai bentuk prestasi yang telah dicapai setelah melalui suatu perjuangan yang cukup berat karena membutuhkan kegigihan, ketekunan, keuletan, kecerdasan, kesamaptaan yang prima, dan kepribadian yang baik, selain itu lulusan STTAL harus memiliki peran yang sangat diperhitungkan tidak hanya ditingkat nasional saja tetapi juga ditingkat internasional”, ucapnya.  

Disamping itu, Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Ir Avando Bastari, M.Phil, berpendapat bahwa lulusan STTAL siap ditempatkan di satuan-satuan strategis yang membutuhkan pemikiran dan keahlian di bidang teknologi pertahanan. Sampai saat ini alumni STTAL telah tersebar di berbagai satuan strategis TNI dan Polri.

Bahkan sudah banyak diantara mereka yang telah menduduki jabatan bintang satu sampai dengan bintang tiga, serta menjadi tokoh-tokoh IPTEK pertahanan yang disegani di kancah pembangunan nasional maupun internasional dan dapat diandalkan untuk mendukung setiap kebijakan Pemerintah menuju Poros Maritim Dunia.

Kedepan STTAL akan membuka program studi baru, meliputi: Prodi S3 Analisis Sistem dan Riset Operasi, Prodi S2 Hidrografi dan Prodi S2 Manajemen Teknologi Pertahanan Kemaritiman, Program S1 dan D3 Teknologi Intelijen Kemaritiman.

Seiring dengan keberadaan prodi-prodi baru, STTAL juga akan melakukan validasi organisasi STTAL yang diarahkan untuk mendapatkan  struktur organisasi yang lebih efektif, efisien dan produktif, disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan lingkungan strategis.

Usai acara wisuda, Kasal beserta pejabat teras Mabesal dan Pangkotama TNI AL meninjau stand pameran produk tugas akhir mahasiswa, antara lain, Perancangan Pengaturan Gerakan Rudal Darat Ke Udara Dengan Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy (KLF) PID-Hybrid, Rancang Bangun Self Fire Fighting Application System, Pengembangan Alat Sistem Pantau Posisi Prajurit Kopaska dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering, dan lain-lain.