Senin, 22 Oktober 2018 | 04:53:04 WIB

Kasal Motivasi Ribuan Siswa Di Surabaya

Selasa, 16 Januari 2018 | 19:27 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P didampingi Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda TNI (Purn) Amri Husaini, memberikan ceramah serta motivasi tentang Bela Negara dan Anti Narkoba kepada ribuan siswa, di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Selasa (16/1).

Ceramah yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (Hut) Yayasan Hang Tuah (YHT) Ke -71 ini, mengangkat tema "Meningkatkan Nasionalisme Melalui Ceramah Bela Negara dan Bersih Narkoba". 

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme sekaligus merupakan wujud dari perlawanan terhadap peredaran narkoba, khususnya pada siswa satuan pendidikan tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Kal.

Kegiatan tersebut juga diikuti kurang lebih seribu siswa, yang terdiri dari 500 siswa satuan pendidikan di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, yakni SD Hang Tuah, SMP Hang Tuah, SMA Hang Tuah dan SMK Kal. 

Selain dari yayasan pendidikan yang ada di liungkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), kegiatan ini juga diikuti 500 siswa dari sekolah negeri maupun Swasta di wilayah Surabaya, diantaranya, siswa SMAN 8, SMA 3, SMAS Ta'Miriyah, SMAS Stellamaris, SMAS Barunawati, SMK Teknik PAL, SMA Senopati, SMK Senopati, SMAS Bhayangkari 2, SMAS Kartika IV-3 dan SDS Angkasa.

Dalam pengarahannya dihadapan para pelajar di Surabaya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, gerakan anti Narkoba juga merupakan suatu bentuk Bela Negara. 

“Esensi dari bela negara ini pada hakekatnya adalah untuk membentuk karakter anak bangsa yang berkepribadian dan memiliki kesadaran sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai luhur budaya bangsa, yaitu cinta tanah air serta menjadikan nilai-nilai Bela Negara dan Pancasila sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” terang Laksamana TNI Ade Supandi.

Selain Kasal, dalam kesempatan ini juga menghadirkan para pembicara yaitu, Dir. Bela Negara Kemhan Laksma TNI M.Faisal, serta Kepala BNN Propinsi Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso yang memberikan ceramah Anti Narkoba. 

Pada kegiatan ini dilaksanakan juga Fragmen Narkoba dan Orasi Anti Narkoba dari siswa SMP Hang Tuah 5,  serta MoU BNN Propinsi Jatim dengan Cabang Surabaya YHT, yang diakhiri dengan kunjungan para siswa ke KRI Bima Suci, KRI Bung Tomo-357 dan KRI Diponegoro-365 yang bersandar di Dermaga Madura Koarmatim.

Turut hadir pada kesempatan ini, antara lain Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Endah Ade Supandi, Aspers Kasal, Kadispenal, Kasarmatim, Danguspurlatim, Danguskamlatim, para Asisten Pangarmatim, para guru dan staf Yayasan Hang Tuah, para Pengurus Daerah Jalasenastri Armatim, serta tamu undangan lainnya. (ARMAN R)