Jumat, 19 Juli 2019 | 07:02:57 WIB

Jelang Hutnya Ke - 56, Kohanudnas Gelar Donor Darah

Jum'at, 2 Februari 2018 | 00:13 WIB
  • (FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) ke-56 yang jatuh pada 9 Februari 2018 mendatang,  panitia Hut Kohanudnas menggelar  donor darah, di aula Leo Wattimena Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu  (31/1) .

Kegiatan donor darah ini, terselenggara atas kerja sama Kohanudnas dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, yang diikuti pejabat Kohanudnas, seperti Kaskohanudnas Marsma TNI H. Dumex Dharma, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Kustono, Ketua IKKT PWA Ranting 02 Kosekhanudnas I Ny. Kustono, para pejabat juga anggota dari satuan samping Kohanudnas seperti Koopsau I, Kodiklatau, Kosekhanudnas I, Wing I Paskhas dan Ibu ibu dari IKKT PWA Cab. BS V - Kohanudnas serta IKKT PWA Ranting 02 Kosekhanudnas I.

Kepala Kesehatan Kohanudans Mayor Kes dr Dian Mulyawarman, Sp.M mengatakan, terdapat 18 personel PMI DKI Jakarta dibantu paramedis Kesehatan Kohanudnas yang melayani kegiatan donor darah.

Sesuai prosedur setiap calon pendonor, sebelum diambil darahnya sekitar 250-300 mililiter harus registrasi, pemeriksaan pendahuluan, tes kesehatan, pengambilan darah serta pemberian kartu dan snack.

“Animo pendonor cukup besar, namun setelah di cek kesehatan oleh dokter PMI, meliputi hemoglobin dan tensi, ada yang tidak memenuhi persyaratan.  Bagi calon pendonor yang hemoglobin rendah dan tensinya terlalu tinggi/rendah, juga tidak bisa diambil darahnya.  Demikian juga pengkomsumsi obat rutin, kurang sehat atau baru di ambil darahnya beberapa minggu sebelumnya tidak boleh donor,” ungkap Mayor Kes dr Dian.

Sedangkan Yuni Mulyati selaku penanggungjawab donor darah PMI DKI Jakarta di Kohanudnas mengapresiasi semangat, empati yang tinggi dari personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang ikut donor darah di Kohanudnas.

“Kami sangat berterima kasih telah berhasil mengumpulkan dua ratus lebih kantong darah. Setetes darah dari pendonor merupakan nyawa bagi orang lain. Kami bangga atas kepedulian dan semangat berbagi dari Kohanudnas,  semoga ke depan Kohanudnas tambah jaya dan darah yang di donorkan dapat bermanfaat,” tutur Yuni.

Dalam rangka Hut Kohanudnas  ke-56, panitia mengadakan beberapa acara peringatan seperti donor darah, ziarah, upacara dan lainnya. 

Kohanudnas sejak berdiri pada 9 Februari 1962, senantiasa menjaga dan mengamankan wilayah udara nasional agar tetap berdaulat dengan seutuhnya. Melalui berbagai operasi dan latihan selama 24 jam sehari atau 365 setahun, Kohanudnas dan satuan jajaran, unsur-unsur kekuatan angkatan lain, selalu berupaya menjamin kedaulatan wilayah udara dari berbagai penerbangan ilegal/tidak resmi di wilayah udara nasional. (ARMAN R)