Rabu, 24 April 2019 | 21:46:51 WIB

Jelang Sertijab, Pangarmabar Beri Penghargaan kepada Prajurit Koarmabar Berprestasi

Senin, 12 Maret 2018 | 12:01 WIB
  • Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia memberikan penghargaan kepada prajurit Koarmabar yang berprestasi. (FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menjelang Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Koarmabar menggelar Apel Khusus yang dipimpin langsung Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos, di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/3).

Selain memberikan pengarahan kepada prajurit jajaran Koarmabar, Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia memberikan penghargaan kepada prajurit Koarmabar yang berprestasi.

Prajurit Koarmabar yang menerima penghargaan yaitu : Komandan KRI Sigurot-864 Mayor Laut (P) Arizzona Bintara, Bintara Utama (Bama) KRI Sigurot-864 Serda Bah Faizal Dharma, Komandan Unit Intel Lanal Simeulue Lettu Laut (E) Prabowo dan Pengamat 1 Posal Pulau Banyak Lanal Simeulue.

Seperti diketahui, KRI Sigurot-864 berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba ke Indonesia dengan barang bukti yaitu narkoba jenis sabu-sabu seberat 1 Ton 37 Kg 581,8 gram yang dibawa kapal MV Sunrise Glory. Kapal tersebut ditangkap oleh KRI Sigurot-864 pada 7 Februari 2018 lalu, di Perairan Selat Philips.

Untuk dua prajurit Lanal Simeulue, menerima penghargaan Zoo Liberec dan CCBC dari pemerintah Republik Ceko atas kontribusinya yang luar biasa dalam menjaga konservasi keanekaragaman hayati di wilayah Aceh, yaitu dengan keberhasilannya pada 2016 menggagalkan pencurian 1200 butir telor Penyu di wilayah Aceh.

Penghargaan tersebut diberikan Duta Besar Republic of Cheko untuk Indonesia Mr H.E. Ivan Hotek kepada Lettu Laut (E) Prabowo dan Kopda Bah Ismail, di kantor Gubernur Propinsi Aceh.

Usai Apel Khusus, kepada wartawan Pangarmabar TNI Aan Kurnia mengatakan, pemberian penghargaan kepada prajurit Koarmabar yang berprestasi ini sebagai bentuk hormat dan kebanggaannya kepada Komandan dan Bama KRI Sigurot-864 yang telah menggagalkan penyelundupan sabu – sabu tersebut, serta kebanggaannya kepada personel Lanal Simeulue yang telah menyelamatkan 1200 telur penyu.

Ketika ditanya wartawan apa bentuk penghargaanya kepada prajurit berprestasi tersebut, “Pokoknya hadiahnya bisa buat happy prajuritlah.  Begitu juga prajurit Bintara untuk kedinasan kita prioritaskan untuk naik pangkat dan prajurit perwira diprioritaskan untuk sekolah,” ujar Laksda TNI Aan Kurnia.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan telah menjabat sebagai Pangarmabar selama 1 Tahun, 7 Bulan 14 hari, dan akan berganti kepemimpinan Koarmabar dari Laksda TNI Aan Kurnia kepada Laksda Yudo Margono.

“Kepada teman-teman wartawan saya mohon doa restunya, karena mendapat amanah menjadi Asops Kasal yang tanggung jawabnya lebih besar dan Pangarmabar akan dijabat Laksda Yudo Margono, beliau adik kelas saya, pernah jadi wakil saya di Koarmabar, saya tidak meragukan lagi dan mudah - mudahan di kepemimpinamnya bisa lebih baik lagi,” ucap Laksda TNI Aan Kurnia. (ARMAN R)