Jumat, 20 Juli 2018 | 09:35:55 WIB

Polisi Tangkap Komplotan Pelaku Order Fiktif Angkutan Daring

Rabu, 4 April 2018 | 00:02 WIB
  • Sejumlah tersangka beserta barang bukti ditampilkan saat rilis kasus dugaan tindak pidana memanipulasi informasi dan transaksi elektronik di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin, 2 April 2018. Polisi menangkap 16 pengemudi taksi online yang memanipulasi data dengan order fiktif.

  • Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan (kedua kanan) menunjukkan barang bukti kendaraan yang digunakan tersangka. Kombes Rudi mengatakan sebanyak 16 pelaku dalam komplotan ini setiap harinya menjalankan dua aplikasi dengan masing-masing peran sebagai pengemudi angkutan daring sekaligus calon penumpang dari dari ratusan telepon seluler yang telah disiapkan.

  • Sebanyak 16 pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. Karena telah memanipulasi data elektronik, polisi menjerat seluruh tersangka dengan Pasal 51 ayat (1) jo Pasal 35 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Eletronik dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

SURABAYA, LINDO - Polrestabes Surabaya berhasil membongkar komplotan pelaku manipulasi data atau order fiktif angkutan daring, dan mengamankan 16 tersangka beserta ratusan handphone dan sejumlah mobil serta motor.

FOTO: ANTARA/Zabur Karuru / LINDO