Minggu, 16 Desember 2018 | 01:53:39 WIB

Anies Kuliah Umum di Universitas Bahcesehir Turki

Sabtu, 21 April 2018 | 03:15 WIB
  • Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan kuliah umum di Universitas Hasan II Casablanca di Maroko, Kamis (19/4/2018). (FOTO: ANTARA/LINDO)

ISTANBUL, LINDO- Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah umum di Universitas Bahcesehir, Turki, Jumat (20/4), mengenai Indonesia pada umumnya dan Jakarta secara khusus, termasuk kota cerdas (smart city).

"Smart City, saat di Casablanca saya juga memaparkan, terkait kolaborasi dan co-creator warga terhadap pembangunan. Dari City 2.0 yang sekarang menjadi menjadi City 4.0, dan ini dilakukan teknologi sebagai enabler di sinilah peran sebagai smart city sangat penting," katanya.

Ia menilai bagaimana teknologi bisa menjadikan warganya sebagai kolaborator, serta kedekatan dan kolaborasi warga yang berpartisipasi dalam pembangunan.

Anies juga mengharapkan Pemerintah Turki dapat berinvestasi di Indonesia, dan bertukar pikiran tentang Indonesia.

"Bertemu akademisi itu mengasikkan, pertanyaannya tajam-tajam. Saya merasa seperti sedang ujian doktoral lagi," demikian Anies Baswedan, saat menutup kuliah umum yang berlangsung selama dua jam tersebut. (ANT)