Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:41:32 WIB

Wadan Satgas TMMD Ke -101 Kodim 1416 Muna Berikan Materi Bela Negara

Minggu, 22 April 2018 | 23:39 WIB
  • (FOTO: KOREM143/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Di sela-sela pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1416/Muna, Satuan tugas (Satgas) TMMD melaksanakan Penyuluhan Bela Negara, di Aula Balai Desa Sukadamai, Kecamatan Laworo, Kabupaten Muna Barat, Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (19/4). Penyuluhan bela negara ini adalah bagian dari program TMMD melalui sasaran non fisik.

Plt. Kasdim 1416/Muna Mayor Inf Prasetya selaku pembawa materi, memberikan beberapa pemaparan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia sebagai kekuatan utama serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

“Setiap warga negara, berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, sesuai dengan kondisi sekarang ini masyarakat harus cerdas dalam menyikapi perkembangan situasi sekarang ini,” tegas Mayor Inf Prasetya.

Sesuai  dengan Undang-Undang (UU) Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Tugas pokok TNI melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang. untuk kegiatan TMMD ini merupakan salah satu contoh operasi selain perang,” terang Plt Kasdim 1416/Muna.

Hadir dalam kegiatan ini, Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Inf Hamlin, Kepala Desa Suka Damai I Ketutyasa, Ketua LPM, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama dan 60 orang masyarakat Desa Suka Damai. (ARMAN R)