Minggu, 20 Mei 2018 | 17:02:07 WIB

Potret Peringatan Hari Bumi di Sejumlah Daerah

Senin, 23 April 2018 | 03:15 WIB
  • Aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Alam Lestari membentangkan poster saat menggelar aksi teatrikal dengan tema Jaga Ibu Bumi, Stop Sampah Plastik, Stop Sampah Politik, di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Pada aksi ini mereka menyerukan penolakan terhadap politisasi dan korupsi sumber daya alam serta mendesak seluruh calon kepala daerah tidak menjadikan alam sebagai komoditas politik dalam Pilkada 2018.

  • Sejumlah akitivis lingkungan dari Rimba Satwa Foundation mengenakan replika gajah dan harimau Sumatera untuk memperingati Hari Bumi (Earth Day) di Kota Pekanbaru, Riau.

  • Peringatan Hari Bumi di Pekanbaru menyoroti deforestasi yang massif di Riau sehingga mengakibatkan makin sering terjadi konflik manusia dengan satwa dilindungi seperti gajah dan harimau Sumatera.

  • Sejumlah pelajar menanam mangrove di bibir Pantai Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Penanaman mangrove yang diinisiasi oleh sejumlah organisasi pelajar, mahasiswa dan pecinta lingkungan itu dimaksudkan untuk menyelamatkan ekosistem pantai sekaligus kampanye pelestarian lingkungan dalam rangka Hari Bumi.

  • Warga melihat pameran foto Ancaman dan Kerusakan Hutan karya jurnalis dan aktivis lingkungan, di Banda Aceh, Aceh. Pameran yang memamerkan 40 foto merupakan rangkaian acara menyambut dan memperingati Hari Bumi 22 April 2018.

  • Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) memegang spanduk dan mengarak bola dunia ketika memperingati Hari Bumi, di Medan, Sumatera Utara. Kegiatan mengajak masyarakat untuk bersama peduli terhadap lingkungan hidup tersebut mengkampanyekan Selamatkan Rimba Terakhir.

  • Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (ketiga kanan) membuka kain penutup mural disaksikan Gubernur Sumut T Erry Nuradi (kedua kanan) dan Walikota Medan Dzulmi Eldin (kanan) saat memperingati Hari Bumi, di Medan, Sumatera Utara, Minggu.

  • Sejumlah relawan giat Cisadane (Regaci) menggunakan perahu karet untuk membersihkan sampah di bantaran sungai Cisadane, Kelurahan Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

  • Kegiatan Bebenah Cisadane yang diikuti puluhan relawan dari berbagai komunitas dan organisasi pecinta lingkungan dengan memungut sampah, menanam pohon dan menebar benih ikan tersebut selain untuk memperingati Hari Bumi sekaligus mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah di sungai.

JAKARTA, LINDO - Hari Minggu, 22 April 2018, adalah sebuah moment penting yaitu peringatan Hari Bumi Internasional yang digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan, mulai dari bersih-bersih pantai, aksi teatrikal hingga menanam mangrove.

FOTO: ANTARA / LINDO