Senin, 16 Juli 2018 | 05:51:46 WIB

Babinsa Malifut Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Pada Sisiwa Sekolah

Jum'at, 27 April 2018 | 14:50 WIB
  • (FOTO: WYU-1508/LINDO)

HALMAHERA UTARA, LINDO - Guna meningkatkan rasa memiliki dan berjiwa nasionalisme, Babinsa Koramil 1508-04/Malifut Serda Subiyanto mensosialisasikan dasar-dasar Pancasila dan nilai-nilai moral Pancasila sebagai pandangan hidup, kepada Siswa Siswi Madrasah Ibtidiayyah Swasta Mis Masatawah, Desa Ngofabobawa, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Kamis (26/4).

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Koramil 1508-04/Malifut Serda Subiyanto, menyampaikan pengertian Pancasila serta fungsi dari Pancasila, sebagaimana yang kita tahu bahwa Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia dan sudah sepatutnya kita sebagai warga negara apalagi pemuda penerus cita-cita bangsa sangat perlu untuk mempelajari lebih dalam lagi dasar negara kita, pengertian serta fungsi Pancasila.

Pancasila di lambangkan oleh Garuda dan di dalam lambang Garuda terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas yang mencerminkan dari 5 sila Pancasila.

"Pancasila berasal dari bahasa Sangsekerta, yaitu Panca yang berarti 'lima' dan Sila yang berarti 'dasar' secara harfiah Pancasila bisa di artikan sebagai Lima Dasar sedangkan secara umum Pancasila merupakan lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan mengenai tingkah laku, adat istiadat dan tatanan pemerintahan yang mengikat bangsa Indonesia dalam Kebhinekaan Tunggal Ika dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Sementara Danramil 1504/Malifut Kapten Inf Putu Artana Jaya, mengatakan Kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) sudah sering dilaksanakan oleh Satuan Kewilayahan khususnya Koramil 04/Malifut selaku Satuan Pelaksana dari Kodim 1508/Tobelo.

"Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah guna memantapkan dan meningkatkan pengetahuan anak-anak Sekolah, khusus anak-anak Sekolah setingkat SD, SLTP dan SLTA agar mereka mengerti dan memahami Tentang Pancasila sebagai Landasan dan Falsafah Hidup dalam perbedaan ditengah tengah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara," ujarnya.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto, mengatakan Pancasila bukan untuk di pelajari dan di hapalkan , tetapi Pancasila harus di amalkan, di terapkan dan di aplikasikan dalam kehidupan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai- nilai Pancasila.

Dengan adanya kegiatan pemberian materi ini, diharapkan terjalinnya Sinergitas antara TNI dengan Sekolah-sekolah dan juga dapat menanamkan kembali semangat dan nilai-nilai luhur Pancasila yang kian hari kian memudar, terangnya. (WYU-1508)