Senin, 25 Juni 2018 | 01:23:12 WIB

TNI AL Gelar Bindesir Di Kepulauan Riau

Sabtu, 12 Mei 2018 | 21:07 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) menggelar Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang dibuka secara langsung Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno,  Jumat (11/5) di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Kementerian/Lembaga/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, dan Pemerintah Daerah (Pemda) guna meningkatkan peran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah pesisir.

Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno mengatakan bahwa, pembangunan pada sektor maritim hanya bisa dilakukan apabila Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia memiliki budaya maritim yang memandang laut sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan bangsa.

"Saat ini TNI AL melalui pangkalan-pangkalan sudah melaksanakan pembinaan dalam bentuk kegiatan Pramuka Saka Bahari dan pembinaan olahraga Bindesir sebagai wahana pengembangan jiwa bahari dan karakter maritim kepada generasi muda," ungkap Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno. 

Kegiatan Bindesir yang dilaksanakan di daerah tersebut, berupa kegiatan fisik yang meliputi renovasi Masjid AL Kadur, renovasi gedung pertemuan Desa Air Payang, pembuatan MCK dan sumur air serta pemasangan tandown air di MTs, Renovasi TK Padamu Negeri di Desa Pala.

Sedangkan kegiatan non fisik, meliputi pelayanan kesehatan umum dan KB serta Khitanan, penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak, lingkungan hidup, bahaya Narkoba dan kemaritiman serta wawasan kebangsaan, penyerahan bahan kontak berupa sembako, peralatan olahraga, buku-buku bacaan dan Alquran serta kursi roda, pemutaran film Penerangan TNI AL dan hiburan masayakat. 

Selain itu kegiatan tersebut juga melibatkan beberapa unsure Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL, yakni KRI Teluk Cirebon (TCN)-543, KRI Bung Tomo (TOM)-357, KRI Teluk Hading (THG)-538, KAL Panda dan KAL Sengiap serta Pesud P852.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal Tanjungpinang, Komandan Lanal Ranai, Komandan KRI Bung Tomo-357, para staf Dispotmar Lantamal Tanjungpinang, Wakapolres Kabupaten Natuna, Camat Pulau Laut, Danramil, Kades Air Payang, Kades Tanjung Pala dan para pelajar Kecamatan Pulau Laut. (ARMAN R)