Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:40:27 WIB

Bupati Halsel Buka Bimbingan Manasik Calon Haji Tahun 2018

Minggu, 13 Mei 2018 | 11:41 WIB
  • Ilustrasi-Calon jemaah haji 2018. (FOTO: TMP/LINDO)

HALSEL, LINDO - Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba hadir dan membuka Bimbingan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kab. Halsel Tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi, dengan tema "Mantap ilmunya, Sehat fisiknya, Banyak Ibadahnya Raih Haji Mabrur". di Aula Kantor Bupati, Sabtu (12/5).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementrian Agama Halsel Hasyim Hi. Hamzah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten I Amirudin Dukomalamo, Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Radjak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ardiani Radjiloen serta Para Jamaah Calon Haji.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba dalam sambutan nya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategi yang sesuai dengan program Pemerintah Halsel yaitu Pembinaan Aparatur Berbasis Nilai (PABN), Pembinaan Masyarakat Berbasis Nilai (PMBN) dan Pembinaan Siswa Berbasis Nilai (PSBN).

"Sehingga dengan adanya kegiatan bimbingan manasik haji ini, mari berikan pemahaman yang lebih lagi tentang manasik haji agar tidak ada Jamaah haji yang tidak paham lagi dalam melakukan rangkaian haji," katanya.

Bahrain berharap pemerintah daerah juga dapat memberikan pelayanan terbaik agar para jamaah haji dapat berangkat dengan selamat ke Tanah Suci sampai tiba kembali di Bumi Saruma.

"Saya berharap pemerintah daerah juga dapat memberikan pelayanan terbaik agar para jamaah haji dapat berangkat dengan selamat ke Tanah Suci sampai tiba kembali di Bumi Saruma," ujarnya.

Sementara Hasyim Hi Hamzah selaku Kepala Kantor Kementrian Agama menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan manasik Haji secara metode ini tetap mengikuti petunjuk berdasarkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyelenggara Haji Kementrian Agama Indonesia dengan pola bimbingan yang sama dengan tahun 2017.

"Pola bimbingannya masih sama namun bedanya ada penambahan kegiatan yaitu manasik haji secara mandiri," jelasnya.

Menurutnya, untuk metode yang digunakan yaitu ceramah dan tanya jawab, juga praktek dengan menghadirkan narasumber secara lokal di Halsel dan yang telah memiliki sertifikasi secara nasional.

"Manasik secara mandiri ini dilakukan selama 5 bulan, mulai dari Bulan Desember 2017 hingga April 2018. Kegiatan manasik mandiri ini adalah bentuk kerjasama antara Kantor Kementrian Agama Halsel dengan KPIH dan Pemerintah Daerah Halsel tanpa pembebanan anggaran dari calon jamaah haji dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)," pungkasnya.

Dirinya berharap para jamaah haji bisa memahami tentang manasik haji sehingga jamaah bisa melakukan haji secara berkualitas. Karena dengan mampu memahami manasik haji maka kualitas Ibadah Haji akan meningkat dan bisa menjadi Haji Mabrur.

Tujuan Bimbingan Manasik Haji ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang tata cara pelaksanaan Ibadah Haji, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap calon Jamaah Haji serta dapat membangun hubungan koordinasi antar calon Jamaah Haji.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan Jamaah Calon Haji asal Kab. Halsel musim haji 1439 H/2018 M yang berjumlah 198 orang. (IVAN)