Jumat, 19 Januari 2018 | 06:26:10 WIB

Yonif-3 Mar Raih Predikat Batalyon Unggul Brigif-1 Mar 2015

Selasa, 19 Januari 2016 | 13:10 WIB
  • Batalyon Infanteri-3 Marinir meraih predikat Batalyon Unggul Brigif-1 Mar tahun 2015. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

SIDOARJO, LINDO - Batalyon Infanteri-3 Marinir meraih predikat Batalyon Unggul Brigif-1 Mar tahun 2015, setelah diumumkan secara resmi pada saat apel gabungan Brigif-1 Mar yang dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigjend TNI (Mar) Lukman, di lapangan apel Kesatrian Marinir R. Suhadi, Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (18/1).

Predikat Batalyon Unggul diraih Batalyon Infanteri-3 Marinir dengan Komandan Batalyon Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan ini, meraih nilai tertinggi berdasarkan hasil pertandingan olahraga umum dan militer yang diikuti dan jumlah pelanggaran yang terjadi pada kurun waktu 17 Januari 2015 sampai dengan 16 Januari 2016.

Selain itu, Kompi Eagle Yonif-3 Marinir dengan komandan kompi Kapten Marinir Khairun Andi Sinaga dinobatkan sebagai Kompi Teladan Brigif-1 Marinir.

Prosesi predikat Batalyon Unggul Brigif-1 Mar tahun 2015 dan Kompi Teladan diawali dengan pemasangan selempang Batalyon Unggul dan Kompi Teladan oleh Komandan Pasmar-1 pada bendera perang Yonif-3 Marinir dan bendera Kompi Eagle.

"Kami mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit "Hiu Petarung" (sebutan Yonif-3 Mar) atas prestasi yang diraihnya dan berharap dengan prestasi tersebut dapat dijadikan sebagai cambuk untuk semakin mawas diri," kata Komandan Pasmar-1 Brigjend TNI (Mar) Lukman.

Tiga tahun yang lalu lanjutnya, Batalyon Unggul berada di Yonif-1 Mar dan tahun sebelumnya berada di Yonif-5 Mar, semua itu merupakan bukti tingkat kompetisi antar satuan di jajaran Brigif-1 Mar berjalan sangat baik.

“Pertahankan prestasi ini, karena kalah atau menang adalah hal yang biasa dalam suatu kompetisi, yang menang bersikaplah profesional dan yang kalah janganlah menyerah, perjuangkan dan raih Batalyon Unggul itu kembali, karena pada dasarnya seluruh Batalyon di Brigif-1 Mar sudah merasakan menjadi  Batalyon Unggul,” ujarnya.

Turut hadi dalam acara tersebut Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Sugianto, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Ludi Prastyono, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir F. Simanjorang, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Agung Trisnanto dan Para Asisten Danpasmar-1.

ARMAN R