Jumat, 16 November 2018 | 08:39:55 WIB

Pushidrosal dan Digital Marine Solution Holding Lanjutkan Kerjasama

Selasa, 15 Mei 2018 | 07:10 WIB
  • Penandatanganan perpanjangan kerjasama antara Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, dan Mr Ivo Vleeschouwers (DMSH), di Kantor CMAP, Massa Italia, Senin (14/5). (FOTO: Disinfolahta/LINDO)

ITALIA, LINDO - Dalam upaya meningkatkan perannya di kancah internasional khususnya dalam penyediaan data keselamatan navigasi dan pelayaran, Pushidrosal  melakukan peningkatan kerja sama dengan pihak swasta di Italia, yaitu melakukan perpanjangan kerjasama dengan holding company dari CMAP yaitu Digital Marines Solution Holding (DMSH) yang berkantor pusat di Egersund Norwegia.

Pada kesempatan Penandatanganan perpanjangan kerjasama, pimpinan kedua pihak yaitu Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. dan Mr. Ivo Vleeschouwers (DMSH) sepakat untuk melaksanakan perpanjangan kerja sama dalam pendistribusian dan pemanfaatan data peta laut dengan ditandai Penandatanganan “Agreement on ENC Distribution And The Usage of Pushidrosal Data contained in the Derivate Product” antara Pushidrosal dengan DMSH yang dilaksanakan di Kantor CMAP, Massa Italia, Senin (14/5).

Pada kesempatan lawatannya ke perusahaan CMAP Italy, Kapushidrosal yang didampingi oleh Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono (Dirpamkersamtas) dan Letkol Laut (P) Oke Dwiyana serta Atase Pertahanan Indonesia di Italia Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan mendapat kesempatan untuk mengunjungi fasilitas perusahaan serta kemampuan yang dimiliki oleh CMAP dan melaksanakan studi banding tentang tata kelola data pemetaan serta manajemen perusahaan dalam melaksanakan kegiatan dari mulai pembuatan paper chart, derivative product dan model pendistribusian serta pemasaran yang dilaksanakan oleh CMAP Italy dalam mengembangkan kemampuan daya saing serta inovasi produksi perusahaan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kapushidrosal menyampaikan bahwa kerjasama antara Pushidrosal dengan DMSH memiliki arti penting tidak hanya dalam aspek upaya peningkatan kerja sama kedua pihak saja, akan tetapi juga  dapat dikembangkan lebih jauh lagi dalam  meningkatkan kemampuan dan menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas serta up to date sehingga memiliki nilai jual yang tinggi setara dengan produk negara besar maritim lainnya.

Diharapkan kerja sama antara DMSH – Pushidrosal tidak hanya memiliki manfaat bagi kedua pihak akan tetapi juga bagi komunitas pelayaran internasional sebagai pengguna utama.

Sementara itu, Mr. Ivo Vleeschouwers mengatakan, bahwa Pushidrosal Indonesia merupakan mitra strategis bagi CMAP - DMSH di kawasan perairan Asia Tenggara yang memiliki wilayah perairan strategis di kawasan Asia Tenggara dan sebagian wilayahnya juga merupakan alur pelayaran perdagangan laut internasional yang sangat strategis dan padat dilalui oleh kapal-kapal besar yang membutuhkan peta laut yang akurat dan update untuk menjamin keselamatan navigasi dan pelayaran bagi kepentingan aktifitas pelayaran internasional. 

Oleh sebab itu, kerja sama antara DMSH – Pushidrosal akan sangat bermanfaat bagi dunia pelayaran internasional,  khususnya bagi masyarakat pelayaran dan maritim sebagai pengguna, maupun instansi seta lembaga kemaritiman  guna turut berperan serta dalam mewujudkan tercapainya Indonesia sebagai poros maritim dunia. (Disinfolahta)