Selasa, 21 Agustus 2018 | 09:21:04 WIB

Pengelola Pasar Bastiong Jamin Harga Komoditas Selama Ramadhan

Selasa, 15 Mei 2018 | 23:59 WIB
  • (FOTO: ALDY/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Unit Pengelola Tehknis Dinas (UPTD) Pasar Wilayah Selatan Kota Ternate Hamir Hi Mansur mengatakan, harga bahan pokok di pasar Bastiong Ternate, Maluku Utara, dalam rangka menghadapi bulan puasa 2018 masih stabil.

"Untuk harga pada komoditas beras, daging sapi, minyak goreng, gula, daging ayam, telur, pisang, singkong dan lain-lain di pasar Bastiong masih aman dan cenderung stabil," kata Hamir Hi Mansur saat ditemui di ruang kerjanya di lantai dua Pasar Bastiong, Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/5).

Hamir juga menegaskan, pihaknya sudah meminta para pedagang untuk memasok sembilan bahan pokok (sembako) ke seluruh kios sejak awal bulan sesuai dengan potensi kebutuhannya.

"Kami jauh hari-hari minta agar mereka (pedagang) melakukan distribusi ke gudang-gudang dan kios mereka di daerah sini. Kami juga meminta agar disiapkan seluruh kebutuhan masyarakat jelang puasa dan lebaran nanti, sehingga tidak ada kekhawatiran mengenai masalah sembako dipasar ini," ujar dia.

Selain itu, Hamir juga melakukan langkah kebijakan untuk melakukan intervensi berbagai harga bahan pokok. Pertama adalah mewajibkan pedagang menjual beras medium di bawah HET di kios masing-masing. Jika membutuhkan stok beras medium, pedagang bisa menghubungi sesama pedagang beras dipasar lain.

"Kami sudah memberitahukan ke pedagang seluruh pasar yang ada Bastiong‎ untuk mengawasi harga tersebut. Ini bukan operasi pasar, tapi melakukan penterasi pada pasar agar mereka bisa menjaga stabilitas harga jelang puasa dan jelang lebaran," tandas dia.

Hamir juga mengungkapkan, untuk dipasar Bastiong pihaknya sudah menyiapkan para pedagang binaan sebanyak 126, dari total 366 pedagang yang tersebar di pasar itu. Sehingga kata dia, jika terjadi kekurangan sembako dan bahan pokok lainnya, maka mereka bisa atasai secepat mungkin.

"Kami punya pedagang binaan di pasar Bastiong saat ini sebanyak 126 pedagang. Sedangkan total dari pedagang yang berjualan disini sebanyak 366, dan mereka ini siap mengawasi kekurangan atau terjadi kelangkaan sembako di pasar Bastiong," ungkapnya.

Sementara untuk harga daging dipasar Bastiong, saat ini masih diharga standar normal. Hamir menjamin bahwa dipasar Bastiong tidak ada kenaikan harga daging sapi, daging kambing dan daging ayam jelang puasa dan jelang lebaran.

"Saya jamin bahwa harga daging ayam, daging sapi dan daging kambing di pasar ini tidak ada kenaikan. Kami pasti tahu jika harga daging naik, tapi sejauh ini masih normal saja," tandas dia.

Sementara untuk komoditas minyak goreng, Hamir menegaskan, pemerintah sudah meminta agar pedagang disini bisa menjaga harga jual sesuai kebutuhan konsumen.

"Harga minyak goreng disini masih dalam posisi aman. Sementara untuk kemasan lain masih dijual ke konsumen dengan harga yang relatif masih terjangkau," tuturnya.

Sementara untuk komoditas lainnya seperti gula, terigu, dan telur ayam dipastikan pasokannya masih aman. Pemerintah bahkan akan melakukan pengawasan agar harga daging ayam dan telur ayam‎ tidak jatuh terlalu dalam.

"Harga komuditas seperti gula, terigu dan telur di pasar ini masih aman dan normal. Kami akan melakukan pengawasan agar semua komoditas yang diburuh konsumen tetap aman, normal dan stabil," ungkap dia. (ALDY)