Senin, 25 Juni 2018 | 01:30:35 WIB

Kasal : Angkatan Laut Yang Besar, Kuat, dan Profesional Sebagai Kebutuhan Yang Harus Diperjuangkan.

Rabu, 16 Mei 2018 | 21:41 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar acara Navy Gathering and Dinner-Tribute to Admiral Ade Supandi, di Balai Samudera (Balsam), Jakarta Utara, Selasa (15/5).

Kegiatan tersebut digelar sebagai suatu perwujudan penghargaann dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., kepada seluruh jajaran TNI AL yang telah memberikan kenangan terindah selama dirinya menjabat sebagai Kasal, melalui prosesi acara makan malam bersama.

Kegiatan ini juga merupakan suatu kesempatan Kasal untuk menyampaikan semua hasil kinerja yang telah dicapai selama menjabat tiga tahun lebih sebagai orang nomor satu di TNI AL sebelum memasuki masa purna tugas dan melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dengan Kasal yang baru.

Dalam kegiatan ini, turut hadir juga mendampingi Kasal yaitu Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi saat memberikan sambutan dihadapan para perwira tinggi dan prajurit TNI AL yang hadir mengatakan, sebagai negara kepulauan yang memiliki lautan sedemikian luas, maka harapan untuk memiliki sebuah Angkatan Laut yang besar, kuat, dan profesional bukanlah suatu kemewahan, melainkan suatu kebutuhan yang harus diperjuangkan. 

“Hal ini saya refleksikan sebagai sebuah kelanjutan perjuangan dari para pendahulu TNI AL yang kita cintai dan kita banggakan. Sebagai seorang pelaut saya menyadari, bahwa di balik cakrawala akan selalu ada harapan yang mendorong setiap diri prajurit, untuk semakin memantapkan haluan dan kecepatan kapal dalam mencapai tujuan dan tentunya harus kita yakini,” ujar Laksamana TNI Ade Supandi.

Menurutnya, TNI AL bukan hanya sekedar warisan para pendahulu, melainkan titipan bagi generasi berikutnya. “Oleh karena itu, marilah kita jaga agar segala karya dan jerih payah yang telah dihasilkan oleh para pendahulu tetap diteruskan dari generasi ke generasi,” kata Kasal.

Pada kegiatan Navy Gathering tersebut dimeriahkan dengan penampilan Tarian Rampak Gendang, Kolintang Jala Gita, Saung Angklung Udjo, Adhara Voice, stand up comedi Cak Lontong, Wali Band dan Vina Panduwinata serta menghadirkan mistery gues yaitu Fadli dari band Padi dengan menyanyikan lagu “Kasih Tak Sampai”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para mantan Kasal dari masa ke masa, para Perwira Tinggi TNI AL, antara lain, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI A. Taufiq R., Kabakamla Laksdya TNI Ari Soedewo, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan, Komandan Sekolah Staf Dan Komando (Dansesko) TNI Mayjen TNI (Mar) R.M Trusono, Komandan Jenderal Akademi TNI Laksdya TNI Siwi Sukma Adji, para pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama TNI AL dan para Kepala Dinas jajaran Mabesal. (ARMAN R)