Rabu, 19 September 2018 | 20:19:47 WIB

Keluarga Besar Seskoal Peringati Nuzulul Qur’an 1439 H/2018 M Dan Gelar Bazaar Sembako Murah

Kamis, 7 Juni 2018 | 21:54 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Keluarga Besar Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) memperingati Nuzulul Quran 1439 H/2018 M di Masjid Nurul Iman, Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (7/6), dengan tema “Dengan hikmah puasa, Nuzulul Qur’an 1439 H/2018 M, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam melaksanakan Tugas Pokok TNI”.

Kegiatan tersebut dihadiri Komandan Seskoal Laksda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc, Wakil Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny.Dhira Hutabarat, Ketua Masjid Nurul Iman Seskoal Kolonel Laut (T) Saptono, para pejabat utama Seskoal, Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-56 TP  2018, dan warga Seskoal, serta menghadirkan penceramah Prof. Dr. KH. Manarul Hidayah.

Dalam sambutannya, Komandan Seskoal Laksda TNI Sulistiyanto mengatakan, Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Qur’an Nul Karim sebagai pedoman dan petunjuk serta pembeda antara yang hak dan yang bathil.

“Sehingga tepat apabila momentum ibadah puasa dan peringatan turunnya Al Quran di bulan ramadhan ini, kita jadikan sebagai sarana dalam rangka membentuk jati diri prajurit matra laut yang professional,” ujar Laksda TNI Sulistiyanto.  

Pada kegiatan tersebut, kita dapat mengambil hikmah Nuzulul Quran untuk meningkatkan keimanan dan menjadikan Al Qu’ran sebagai pedoman hidup bagi umat muslim yang memperoleh kehidupan yang bahagia dan selamat di dunia dan akhirat.

Pada ceramah yang disampaikan Prof. Dr. KH. Manarul Hidayah, disampaikan bahwa Alquran sebagai pedoman umat Islam harus benar-benar dipahami, dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Prof. Dr. KH. Manarul Hidayah mengajak Keluarga Besar Seskoal untuk mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan terbentuk Generasi yang Qurani, yaitu generasi yang mampu membawa kedamaian, kesejukan dan ketentraman hidup dunia dan akhirat.

Kegiatan dirangkai dengan bazaar murah, penyerahan secara simbolis paket sembako bersubsidi dari Komandan Seskoal kepada perwakilan Prajurit Seskoal, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Seskoal, Pegawai Harian Lepas Seskoal, penjaga sekolah Hang Tuah Cipulir, masyarakat sekitar komplek yang didampingi perwakilan dari Bank Mandiri. Dilanjutkan pemberian santunan kepada Ketua Yayasan Yatim Piatu Amal Mulia Cipulir, anak Yatim dan kaum duafa sekitar komplek Seskoal.

Selama Bulan Ramadhan, Pengurus Masjid Nurul Iman Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan dalam hal ini ketua penyelenggara Kapten Laut (T) Harsito, telah melaksanakan berbagai macam kegiatan yang tidak hanya diikuti oleh putra putri anggota Seskoal, tetapi juga masyarakat sipil di seputaran ksatrian Seskoal, seperti berbagai lomba untuk tingkat anak-anak sekolah SMP, SD dan TK, diantaranya lomba mewarnai Kaligrafi, Adzan, baca Al Qurán, hafalan surat-surat pendek, doa harian, praktek wudhu dan sholat serta lomba ceramah/ pidato agama, yang hadiahnya dibagikan saat buka puasa bersama keluarga besar Seskoal dengan masyarakat oleh Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko. (ARMAN R)