Rabu, 19 September 2018 | 20:20:37 WIB

Panglima TNI : Tempat Rawan Bagi Pemudik Agar Ditempatkan Fasilitas ICU

Minggu, 10 Juni 2018 | 19:22 WIB

(Puspen TNI).  Untuk meyakinkan arus mudik lebaran bagi masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar, khususnya kemungkinan kerawanan di wilayah Cikopo, Krincing, Kertasari dan Kalikuto, disarankan kepada Kementerian Kesehatan  RI agar bisa menempatkan fasilitas Intensive Care Unit (ICU).

 

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat menerima paparan pengamanan arus mudik lebaran oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono di Gerbang Tol Kertasari, Jawa Tengah, Minggu (10/6/2018).

 

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, posko fasilitas ICU sangat bermanfaat membantu masyarakat pemudik dalam  pelayanan kesehatan saat dalam perjalanan.  “Saran kepada Ibu Menteri Kesehatan RI untuk menempatkan fasilitas ICU, khususnya di titik-titik yang rawan kemungkinan terjadi blok dan sebagainya. Para pemudik bisa kita arahkan, untuk kita bantu kesehatannya di posko tersebut,” ujarnya.

 

Selanjutnya, untuk memastikan pelaksanaan mudik lebaran tahun 2018 berjalan dengan aman dan nyaman khususnya di wilayah Jawa Tengah, Panglima TNI  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau  beberapa titik di sepanjang jalur mudik  trans Jawa dan jalur mudik lebaran wilayah Tol Ngawi.

 

Pelaksanaan peninjauan diawali dari jalur Tol Cikopo, pukul 10.30 WIB selanjutnya rombongan Panglima TNI menuju wilayah Jawa Tengah dengan  menggunakan tiga pesawat helikopter dan mendarat di Stadion Karangberahi. Peninjauan dilanjutkan ke Rest Area Petarukan melalui GT Brexit untuk melihat fasilitas pendukung seperti Pom Bensin, Musholla dan Toilet.

 

Usai melihat dan menyapa para pemudik di Gerbang Tol Kertasari, Panglima TNI dan Kapolri menerima paparan Kapolda Jateng yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dilanjutkan dengan  live streaming/viccon dengan Pos Kalikuto Batang untuk mengetahui terkait perkembangan situasi arus mudik.

 

Turut serta dalam peninjauan arus mudik, diantaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek. Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan melanjutkan pemantauan arus mudik melalui udara menuju wilayah Jawa Timur. (Badar/Puspen TNI)