Jumat, 20 Juli 2018 | 10:06:15 WIB

KASDIM KODIM 1508/TOBELO BERIKAN MATERI WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SISWA MPLS SMA KRISTEN TOBELO

Senin, 2 Juli 2018 | 14:47 WIB

Tobelo Lindo-Kepala Staf Kodim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel S.Sos memberikan Materi Wawasan Kebangsaan pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Kristen Tobelo, Jln. Telkom, Desa Gamsungi, Kec. Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara. Senin (02/07/2018).

Dalam materinya tersebut Kasdim 1508/Tobelo menyampaikan, bahwa wawasan kebangsaan sangat penting diberikan kepada Siswa sejak dini sehingga para siswa sangat mengerti tentang cara pandang diri terhadap lingkunganya, guna mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Rasa Nasionalisme dan Rasa Kebangsaan saat ini sudah mulai luntur, dikarenakan banyak masuknya budaya luar yang "menyerbu” dikalangan para remaja dan hal ini sangat memprihatikan dimana Generasi Muda seharusnya dapat menjaga dan memupuk rasa cinta kepada Tanah Air dan menjaga serta Melestarikan Budaya sendiri, ungkapnya. 

Saat ini di kalangan generasi muda mulai hilang nilai-nilai Nasionalisme atau yang kita kenal (4 Konsensus Dasar Kebangsaan) yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal ika dan NKRI, ungkapnya. 

Lebih lanjut Kasdim mengatakan, setiap siswa agar tidak melupakan sejarah bangsa dan dihilangkan primordialisme sempit dan ego sektoral.

Diharapkan, setelah para siswa mengetahui Wawasan Kebangsaan maka siswa semakin termotivasi untuk belajar memahami dan selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari hari. (Faisal/WYU - 1508).